Bayi Terkena Ruam Popok? Lakukan Hal ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Popok adalah benda yang hampir tidak bisa dilepaskan dari tubuh bayi. Dengan adanya popok, maka kita bisa menampung kotoran dari baik itu saat bayi buang air kecil ataupun saat buang air besar. Dibalik kemudahan yang ditawarkan dari penggunaan popok ini, popok ternyata bisa menyebabkan masalah berupa ruam-ruam yang muncul pada pantat dan pahanya. Jika hal ini terjadi, bayi bisa merasa tidak nyaman dan cenderung rewel. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini?

doktersehat-vaksin-palsu-bayi-imunisasi-Hipospadia

Segera mengganti popok
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab dari ruam-ruam pada bokong atau paha bayi seringkali adalah popok yang sudah sangat basah dan penuh namun tak kunjung diganti oleh orang tuanya. Dengan sering mengganti popok bayi atau segera membersihkan kulit bayi begitu buang air besar atau buang air kecil, maka ruam popok pun bisa dicegah.

Tidak menggunakan popok untuk sementara
Jika bokong atau paha bayi sudah terlanjur terkena ruam popok, ada baiknya bayi tidak kita pakaikan popok terlebih dahulu. Biarkan kulitnya bernafas dengan lebih baik dan membuat ruam-ruam ini mereda.

Jangan cuci popok dengan sabun
Jika anda menggunakan popok kain pada bayi, segeralah cuci popok ini dengan air rendaman yang sudah ditambahkan secangkir cuka. Ada baiknya kita tidak menggunakan sabun, apalagi deterjen yang memiliki pengharum karena hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan ruam-ruam menjadi semakin parah.

Pastikan popok benar-benar kering sebelum digunakan
Popok yang belum benar-benar kering bisa membuat area bokong dan paha lembab dan membuat ruam-ruam tak kunjung sembuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita menggunakan popok yang benar-benar kering yang lebih baik bagi kulit bayi.

Baca Juga:  Benarkah Ruam Popok Pada Bayi Tidak Boleh Diberi Bedak?

Obati ruam-ruam ini dengan bahan alami
Setelah memastikan kulit bayi benar-benar kering, cobalah untuk mengobati ruam-ruam ini dengan bahan-bahan alami layaknya gel lidah buaya, petroleum jelly, atau bahkan dengan mengolesi kulit menggunakan minyak kelapa yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.