Kerap Memegang Kepala, Bayi Ini Ternyata Terkena Penyakit Ini

telinga_bayi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ Nate Bolt

DokterSehat.Com– Setiap orang tua sebaiknya tak lagi menganggap remeh perilaku bayinya yang terlihat tidak wajar. Sebagai contoh, bayi berusia 1 tahun milik pasangan asal Tiongkok ini terlihat seperti terus berusaha untuk menyentuh kepala, tepatnya dekat dengan telinga kanannya. Beruntung, sang ibu tidak menganggapnya sebagai hal yang remeh dan langsung memeriksakannya ke dokter.

Bayi bernama An An ini sebenarnya terlihat dalam kondisi yang sehat-sehat saja, namun, sang ibu kemudian melihat ada yang aneh dengan perilaku An An, yakni kerap menyentuh kepala dengan wajah yang terlihat tidak nyaman dan kesakitan.

Tahu bahwa ada yang salah dengan kondisi An An, sang bayi pun kemudian dibawa ke dokter. Disanalah ibu An An terkejut tatkala dokter mendiagnosis buah hatinya dengan otitis media, kondisi infeksi dan peradangan yang terjadi di telinga bagian tengah. Yang lebih mengejutkan adalah, masalah otitis media yang dialami sang bayi ternyata sudah cukup parah karena infeksi ini sudah dibiarkan dalam waktu yang cukup lama.

Orang tua An An mengaku menyesal karena tidak benar-benar menyadari tanda yang dikeluarkan oleh An An sejak awal, namun dokter menyebutkan bahwa An An masih bisa diobati hingga sembuh. Cukup wajar jika orang tua tidak menyadari tanda yang dikeluarkan oleh bayi karena memang bayi masih belum benar-benar bisa berkomunikasi dengan baik.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa otitis media ternyata memang sering menyerang anak-anak, balita, atau bahkan bayi. Anak yang mengidap masalah kesehatan ini akan mengalami gejala seperti mudah rewel, mudah menangis, susah tidur, kerap menunjukkan rasa tidak nyaman pada telinga, keluarnya cairan dari telinga, gangguan pendengaran, hingga dampak lain seperti demam, diare, atau muntah-muntah.

Melihat adanya fakta ini, cobalah perhatikan jika anak mulai kerap menunjukkan hal-hal yang tidak biasa seperti memegangi bagian tubuh tertentu sambil menunjukkan ekspresi tidak nyaman. Jika mereka melakukannya, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter.