Bayi Rentan Meningitis Akibat Asap Rokok

Doktersehat.com –  Efek buruk rokok memang dapat mengganggu kesehatan. Tidak hanya kesehatan si perokok saja yang terganggu. Orang yang terpapar asap rokok saja juga bisa terkena efek negatif dari rokok.



Sebuah studi baru-baru ini menyatakan bahwa ibu yang merokok saat mengandung dapat membuat janin rentan terhadap penyakit meningitis. Dari studi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak yang berada dalam lingkungan perokok berpeluang dua kali lebih besar terkena penyakit meningitis, bagi anak-anak yang berumur di bawah lima tahun, kerentanannya meningkat 2,5 kali lipat. Bahkan anak akan berpeluang tiga kali lebih besar terkena meningitis apabila ibunya merokok selama masa kehamilan.

Sistem kekebalan tubuh anak-anak yang terus menerus terpapar asap rokok akan melemah sehingga menjadikannya rentan terhadap penyakit meningitis. Penyakit ini dapat menyebabkan anak mengalami cacat yang berat seumur hidupnya bahkan meningitis juga dapat mengakibatkan kematian pada anak.

Di Inggris terdapat 630 kasus penyakit meningokokus invasif yang diderita anak-anak setiap tahunnya yang disebabkan langsung oleh rokok. Tim peneliti belum bisa memastikan apa penyebab utama yang dapat menjelaskan pengaruh rokok pada anak-anak. Hasil studi menunjukkan bukti yang konsisten tentang bahaya atau akibat yang ditimbulkan apabila merokok di sekitar anak-anak dan juga selama masa kehamilan. Dari studi tersebut para orangtua dan anggota keluarga dihimbau agar tidak merokok di rumah atau di sekitar anak-anak. Hal ini bertujuan untuk mencegah bertambahnya penderita meningitis yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan saraf jika tidak segera diobati.

Sumber: detik.com