Bayi Ini Terlahir dengan Bobot Paling Ringan di Dunia

bayi_terkecil_doktersehat_1
Photo Source: China Daily

DokterSehat.Com– Bayi benama Xiaomi yang terlahir di Southwest Hospital yang ada di Kota Chongqing, Tiongkok, pada 30 Maret 2018 lalu diklaim sebagai bayi paling ringan di dunia. Bagaimana tidak, ia terlahir dengan bobot tidak sampai 1 kg, tepatnya hanya 585 gram.

Dilansir dari China Daily, bayi ini terlahir pada 30 Maret 2018 lalu setelah melalui kehamilan selama 24 minggu saja. Karena bobotnya sangat ringan, ukuran tubuhnya juga sangat kecil. Dalam foto yang beredar luas di media sosial, ukuran kakinya bahkan hampir sama dengan jari telunjuk orang dewasa.

Sayangnya, dokter yang menangani Xiaomi berkata bahwa ada kemungkinan harapan hidupnya sangat kecil. Ia pun harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit demi membuatnya tetap hidup dan menambah bobotnya selama 3 bulan. Beruntung, bobotnya sempat naik hingga hampir 2 kg.

Buah hati dari pasangan Chen Xia serta Cao Lanwae ini terlahir prematur karena Chen mengalami pecah ketuban dini. Saat itu, Cao sedang tidak berada di rumah sehingga Chen pun dilarikan ke rumah sakit tanpa didampingi suaminya.

“Bayi ini sangat kecil, ukurannya hanya sebesar botol air berukuran sedang,” ucap perawat rumah sakit Yan Ling.

“Pemberian nama Xiaomi sendiri didasari oleh ukurannya yang sangat kecil. Arti dari nama ini adalah sebutir beras,” lanjut Yan.

Chen sendiri mengaku khawatir saat merawat buah hatinya. Ukurannya yang sangat kecil dan rapuh membuatnya takut akan menyakitinya. Meskipun begitu, ia dan Cao, suaminya, yakin jika Xiaomi bisa tumbuh menjadi anak yang sehat.

Hanya saja, klaim bayi paling ringan di dunia sepertinya tidak sesuai bagi Xiaomi. Dalam sejarah, bayi yang mendapatkan gelar ini terlahir di Witten, Jerman. Bayi dengan nama Emilia Grabaczyik ini hanya berbobot 220 gram.