Bayi Kembar Dempet Ini Akhirnya Bisa Dipisahkan Dengan Selamat

DokterSehat.Com – Setiap ibu tentu akan merasakan tiada tara saat melahirkan bayi. Namun, yang terjadi pada Nicole McDonald sangatlah berbeda, Ia merasakan bahagia namun juga khawatir dalam waktu yang bersamaan. Bagaimana tidak, Kedua anak kembarnya, Jadon dan Anias, terlahir dengan kondisi dempet di kepala dan harus melakukan operasi pemisahan kepala yang tentu sangat membahayakan nyawa keduanya. Beruntung, setelah melakukan berbagai prosedur yang sangat banyak dan panjang, keduanya berhasil dipisahkan dengan selamat dan Nicole pun bisa menggendong kedua bayinya satu per satu.

doktersehat-kembar

Nicole bercerita bahwa kedua putranya harus melakukan berbagai prosedur dari tes darah, transfuse darah, scan pada ginjal, scan ultrasound pada kepala, CT scan, MRI, dan berbagai tes lainnya. Ia merasa sangat sedih karena sang bayi harus disuntik berkali-kali dan menangis namun Ia tak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasinya. Beruntung, begitu hasil tes MRI keluar, diketahui bahwa kedua putranya hanya berbagi sedikit jaringan otak, yakni hanya sekitar 1,5cm, termasuk bagian superior saggital sinus, pembuluh darah besar pada bagian atas otak. Tim dokter pun segera menyiapkan prosedur pemisahan kepala terbaik meskipun memang jarang digunakan, yakni dengan crniopagus surgery.

Meskipun dokter sudah berusaha melakukan yang terbaik, setiap operasi pemisahan kepala dari bayi dempet tentu akan memberikan resiko tinggi dan bisa saja membuat keduanya meninggal atau mengalami kerusakan otak jangka panjang. Namun, usaha terbaik dilakukan oleh tim dokter dari Children’s Hospital, Montefiore Medical Center, Bronx, New York, yang dipimpin oleh dr. James Goodrich dan pada akhirnya Jadon dan Anias bisa dipisahkan dengan selamat.

Dr. Goodrich menyebutkan jika operasi pemisahan kepala ini termasuk yang paling rumit dan baru dilakukan 59 kali semenjak diperkenalkan pada tahun 1952. Dr. Goodrich dan timnya memulai operasinya pada hari Kamis 13 Oktober 2016 dan setelah 16 jam kemudian, Jadon dan Anias berhasil dipisahkan dengan selamat. Nicole pun tak kuasa menyembunyikan rasa lega sekaligus kegembiraannya melihat adanya. Memang, Jadon sudah dalam kondisi stabil dan sudah bisa digendong oleh ibundanya dan Anias masih memiliki masalah pada pernafasan dan membutuhkan waktu pemulihan lebih lama, namun, Nicole bersyukur karena kedua anaknya selamat dan berhasil dipisahkan.

Baca Juga:  Data WHF: Penyakit Kardiovarkular Bertanggung Jawab Pada 80 Persen Kematian Dini di Seluruh Dunia

Photo Source: Facebook/ Nicole McDonald