Bayi Kembar Dempet di Kepala Ini Akhirnya Berhasil Dipisah

DokterSehat.Com – Sebuah keajaiban terjadi di Rumah Sakit Anak di Montefiore Medical Center, Bronxk, Amerika Serikat. Pada hari Jumat, 14 Oktober 2016 kemarin, dua orang bayi laki-laki kembar siam yang dempet di bagian kepala ternyata berhasil dipisahkan melalui operasi yang berlangsung hingga 16.5 jam! Operasi pemisahan ini sendiri dilakukan oleh dr. James Goodrich yang sudah sangat berpengalaman dalam melakukan operasi dimana ini adalah operasinya yang ketujuh kalinya.

doktersehat-jadon-anias-mcdonald-kembar-siam

Kadua nama bayi ini adalah Jadon dan Anias McDonald yang berasal dari orang tua bernama Nicole dan Kristen McDonald. Kedua orang tua sebenarnya berada dalam kondisi dilemma mengingat operasi ini bisa saja membuat kerusakan otak atau mempertaruhkan nyawa kedua anaknya namun juga harus dilakukan agar hidup sang anak tidak menderita di masa mendatang. Berkat kerja keras dari tim dokter, akhirnya mereka pun bisa berbahagia karena kedua anak ini akhirnya bisa dipisahkan dalam kondisi baik-baik saja.

Sang ibu, Nicole, menyebutkan jika setelah berhasil dioperasi, kedua anaknya harus melalui beberapa bulan untuk masa pemulihan. Ia pun sangat berterima kasih dengan tim operasi yang terdiri dari 20 orang baik itu dokter, ahli bedah, perawat, dan berbagai staf yang bekerja keras memisahkan bagian tengorak, otak, hingga memastikan bahwa saraf dan pembuluh darah pada kedua bayi tidak akan mengalami masalah besar. Selain itu, tim operasi juga memastikan adanya cangkok kulit dan tulang sehingga bisa mengembalikan kondisi kepala bayi secara sempurna.

Sebagai informasi, kelahiran bayi kembar siam di bagian kepala adalah hal yang sangat langka terjadi di seluruh dunia dimana kemungkinannya adalah satu disbanding 2.5 juta kelahiran. 80 persen dari bayi kembar siam ini pada akhirnya harus meninggal dunia karena mengalami komplikasi medis saat usianya mencapai dua tahun andai tidak segera dipisahkan. Alhasil, operasi pemisahan adalah hal terbaik yang harus dilakukan orang tua meskipun hal ini juga beresiko tinggi bagi anak-anaknya.

Baca Juga:  Cara Mendongkrak Fertilitas Pria

Photo Source: abc News