Bayi Ini Terlahir Dengan Kondisi Macroglossia Sehingga Memiliki Lidah Dengan Ukuran Sangat Besar

DokterSehat.Com – Saat bayi terlahir, ukuran organ tubuhnya juga cenderung kecil karena menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya. Namun, seorang bayi yang bernama Paisley Morrison-Johnson ini terlahir dengan kondisi yang sangat tidak biasa, yakni dengan lidah yang sangat besar layaknya lidah orang dewasa. Orang tuanya sebenarnya merasa khawatir akan kondisi sang bayi karena ukuran lidah yang besar ini bisa jadi akan menghambat pernafasannya.

doktersehat-paisley-morrison-johnson

Dokter yang menangani Paisley menyebutkan jika sang bayi terkena masalah Beckwith Wiedemann Syndrome atau BWS, sebuah kondisi dimana bayi mengalami gangguan pertumbuhan yang sangat cepat. Sindrom ini termasuk sangat langka karena hanya menyerang satu dari 11 ribu bayi yang terlahir di seluruh dunia. Paisley sendiri mengalami sindrom BWS pada lidah yang membuat ukuran lidahnya dua kali lebih besar dari ukuran mulut atau yang disebut sebagai kondisi macroglossia. Sang dokter bahkan menyebutkan jika ukuran lidah Paisley adalah yang terbesar dari yang pernah mereka lidah.

Memang, 90 persen penderita sindrom BWS memiliki lidah dengan ukuran yang sangat besar sehingga mereka akan mengalami masalah untuk bernafas, makan, hingga berbicara. Paisley sendiri pada akhirnya diberi makanan melalui selang gastronomi hingga usianya enam bulan mengingat kondisi lidahnya membuatnya sulit untuk makan dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Sementara itu, pada minggu pertama setelah kelahiran, Paisley harus memakai ventilator agar bisa bernafas.

Paisley sendiri melakukan operasi dua kali demi mengecilkan ukuran lidahnya dan diketahui bahwa enam bulan lalu sang bayi sudah bisa mulai tersenyum untuk pertama kalinya karena lidahnya sudah mengecil layaknya bayi pada normalnya. Sang dokter menyebutkan jika mereka harus memotong lidahnya lebih dari enam inchi. Hanya saja, penderita sindrom BWS cenderung beresiko tinggi terkena tumor yang berpotensi menjadi kanker sehingga Paisley pun harus sering melakukan tes darah atau ultrasound hingga usianya delapan bulan demi mencegah munculnya penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga:  Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita

Photo Source: Madison Kienow/ Caters