Bayi Ini Terlahir Dengan Empat Kaki dan Dua Alat Kelamin

DokterSehat.Com – Sebuah kasus langka terjadi di Raichur, India. Lalitamma, seorang wanita berusia 23 tahun melahirkan seorang bayi yang memiliki empat kaki dan juga dua alat kelamin. Kelahiran bayi ini tentu saja mengejutkan petugas medis yang menangani proses persalinannya. Seperti apakah kondisi bayi tersebut?

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Menurut Lalitamma, bayi ini memiliki tambahan dua kaki yang berada di sekitar perut namun tidak aktif layaknya dua kaki lainnya yang berada di posisi yang normal. Melihat kondisi bayi yang memang tidak normal, para petugas medis yang menangani kelahiran bayi ini pun segera memindahkannya ke Vijayanagara Institute of Medical Sciences (VIMS) yang ada di kota Ballari, agar mendapatkan penanganan medis yang jauh lebih baik. Sebenarnya, Lalitamma cukup enggan untuk memindahkan bayi ini ke rumah sakit yang lebih baik mengingat mereka berasal dari keluarga yang miskin sehingga tidak mampu lagi menambah biaya perawatan bagi sang bayi. Lalitamma bahkan sudah berniat untuk merawat sang bayi apa adanya dan tetap menganggapnya sebagai berkah bagi keluarga, sebelum akhirnya luluh dengan bujukan para petugas kesehatan untuk memberikan penanganan medis lebih lanjut bagi sang bayi.

Dr. Divakar Gaddi, salah seorang dokter yang menangani kondisi bayi ini, berkata bahwa kondisi yang dialami oleh putra Lalitamma ini adalah kembar parasit atau kembar siam asimetris. Saat usia awal kehamilan, terjadi perkembangan embrio kembar di rahim, namun kedua anak kembar ini gagal untuk tumbuh secara terpisah sehingga salah satunya justru menjadi parasit yang menempel pada tubuh anak lainnya.

Sejauh ini, para dokter masih memantau kondisi bayi mengingat kasus ini sangat langka dan cukup menantang. Meskipun begitu, dr. Gaddi dan tim bedahnya akan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki kondisi sang bayi agar normal kembali. Lalitamma pun akhirnya optimis dengan keyakinan sang dokter dan berharap agar bayinya bisa segera dalam kondisi normal kembali.

Baca Juga:  Mengapa Ibu Hamil Bisa Mengalami Kram Pada Kakinya?