Bayi Ini Terlahir Dengan Dua Kepala Pada Satu Tubuh Saja

DokterSehat.Com – Sebuah kasus kelahiran bayi yang sangat langka terjadi di Ciudad Juarez, Meksiko, dimana bayi ini terlahir dengan memiliki dua kepala meskipun hanya memiliki satu tubuh. Menurut tim dokter yang menangani proses persalinan, kedua bayi ini sudah berbagi semua organ di dalam tubuh kecuali otaknya yang memang terpisah pada dua kepalanya. Di dalam tubuh bayi ini, hanya ditemukan satu jantung, satu ginjal, satu paru-paru, satu hati, dan sepasang tangan dan kaki saja.

doktersehat-bayi-kembar

Bayi kembar siam yang belum dipublikasikan jenis kelaminnya dan siapa orangtuanya ini kini sedang dalam kondisi yang sehat dan stabil. Namun, tim dokter dari rumah sakit setempat belum tahu harus melakukan tindakan apa dalam menangani bayi kembar siam ini mengingat kasus ini sangatlah langka terjadi.

Pakar kesehatan yang berasal dari University of Maryland Medical Center menyebutkan jika kasus kelahiran bayi kembar siam yang hanya memiliki satu tubuh saja hanya sekali terjadi pada 200 ribu kelahiran hidup. Yang cukup mengkhawatirkan adalah, 40 hingga 60 persen bayi yang terlahir dengan kondisi ini akan meninggal setelah dilahirkan dan 35 persen lainnya hanya mampu bertahan satu hari saja.

Kembar siam sendiri terjadi karena embrio di dalam kandungan berkembang menjadi dua bayi, namun tidak benar-benar terbelah dengan sempurna dan justru berhenti. Alhasil, dua bayi pun akhirnya memiliki badan yang menyatu. Ada banyak sekali jenis kasus bayi kembar siam dimana ada bayi yang menyatu pada bagian dada, di bagian kepala, atau bahkan ada di bagian panggul. Karena kompleksnya kasus ini, banyak dari bayi kembar siam yang harus berbagi organ tubuh.

Kebanyakan bayi kembar siam tidak mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama karena beberapa organ vital tidak lagi mampu mendukung kebutuhan hidup. Meskipun begitu, masih ada harapan untuk mereka bertahan hidup atau melakukan operasi pemisahan. Sayangnya, masih belum diketahui apa yang akan terjadi pada bayi kembar siam yang ada di Meksiko ini ke depannya.