Bayi Ini Terlahir dengan Kulit Plastik

doktersehat_bayi_kulit_plastik
Photo Source: Story Trender/Caters News

DokterSehat.Com– Pasangan Annita Devi dan Alakram Yadav dari desa Binhoni Kalan di Balrampur, negara bagian Uttar Pradesh, India, dianugerahi anak untuk pertama kalinya pada Kamis, 24 Mei 2018 lalu. Hanya saja, bayi ini terlihat sangat tidak biasa karena memiliki kulit yang berkilauan layaknya plastik.

Dilansir dari Story Trender, beberapa jam setelah dilahirkan, dokter meminta Annita dan Alakram untuk segera memeriksakan buah hatinya ke layanan medis yang lebih baik karena melihat kondisi yang sangat tidak biasa ini. Mereka pun kemudian pergi ke sebuah rumah sakit swasta di Lucknow, lebih dari 160 km dari desa mereka.

Dokter pun kemudian mendiagnosis sang bayi dengan kondisi collodion membrane, kondisi dimana bayi memiliki kulit yang ketat, terlihat seperti lilin, dan berkilauan layaknya plastik. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan genetik keturunan yang sangat langka bernama lamellar ichthyosis, kondisi yang hanya menyerang 1 dari 600.000 orang di seluruh dunia.

Dr. Shishir Agarwal, dokter spesialis anak dari Mahesh Childrens Poly Clinic di kota Lucknow menyebutkan bahwa kini sang bayi harus mendapatkan bantuan dari mesin penyokong kehidupan. Kondisinya dikabarkan terus membaik sehingga kemungkinan untuk bertahan hidup pun jauh lebih besar.

“Kondisi bayi ini sangatlah langka. Sejak pertama kali masuk ke dunia medis, baru kali ini aku melihat kasus bayi dengan kondisi collodion membrane,” ucap Dr. Shishir.

“Sayangnya, kondisi kulit ini akan berlangsung selamanya dan akan memberikan sensasi menyakitkan. Orang tua dari bayi ini harus sangat berhati-hati saat merawat dan membesarkannya karena sang anak jauh lebih rentan untuk terkena infeksi atau penyakit, khususnya yang terkait dengan air atau udara” lanjut sang dokter.