Bayi Dari India Ini Terlahir Dalam Kondisi “Hamil”

DokterSehat.Com – Sebuah kasus yang aneh muncul di Mumbra, India. Seorang bayi yang baru saja dilahirkan ternyata berada dalam kondisi “hamil”. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Adalah seorang ibu muda yang masih berusia 19 tahun yang melahirkan bayi ini. Di dalam perut bayi ini, terdapat janin saudara kembarnya yang tubuhnya tidak sempurna, yakni dengan satu tangan, dua kaki, dan satu otak. Janin saudara kembar yang dikandung oleh bayi sepanjang 7 cm ini pun kemudian langsung diangkat karena dianggap bisa mengganggu kesehatan bayi tersebut. Sebelum diangkat, pakar kesehatan radiologi menemukan fakta bahwa janin yang dikandung oleh bayi ini tidak memiliki tengkorak kepala meskipun kepala dan otaknya sudah terbentuk.

Pakar kesehatan menyebut kondisi bayi yang “mengandung” bayi lain saat dilahirkan ini sebagai anomali kongenital yang sangat langka. Sebagaimana kasus bayi-bayi terlahir dengan kondisi “hamil” lainnya, janin yang dikandung pada bayi tersebut biasanya memiliki kecacatan dan justru hanya menjadi parasit bagi bayi yang terlahir dengan normal. Laman Independent sendiri mencatat bahwa hanya ada 200 kasus bayi yang melahirkan dengan kondisi “hamil” ini. Jika pada kasus bayi dari India ini saudara kembarnya langsung diangkat, cukup banyak pula bayi lain yang dibiarkan untuk tidak diangkat dan dibiarkan untuk tumbuh. Sebagai contoh, seorang wanita bernama Jenny Kavanagh yang terlahir dengan kondisi “hamil” namun tetap dibiarkan memiliki janin di dalam kandungannya hingga usianya 40 tahun. Diketahui, janin dalam tubuhnya ini tumbuh hingga sepanjang 10 cm.

Dokter yang menangani kondisi kesehatan Jenny sendiri cukup kaget saat melihat janin saudara kembarnya yang sudah berkembang sehingga memiliki wajah, satu mata, tatanan gigi, hingga rambut yang cukup panjang. Sayangnya, saudara kembarnya ini tidak memiliki otak dan jantung. Karena dianggap sebagai parasit, saudara kembar Jenny ini pun akhirnya diangkat dari tubuhnya.