Bayi Dari Bangladesh Ini Terlahir Dengan Wujud Layaknya Orang Lanjut Usia

DokterSehat.Com – Sebuah kasus kelahiran berhasil menggegerkan dunia kesehatan di Bangladesh. Bagaimana tidak, alih-alih terlahir dengan wujud layaknya bayi pada normalnya yang lembut dan imut, bayi ini justru terlihat layaknya orang lanjut usia dengan kulit yang sudah berkeriput, mata yang cekung, hingga adanya rambut yang tumbuh lebat hingga ke bagian punggungnya. Kondisi ini sendiri mirip dengan yang terjadi pada balita lain yang juga terlahir di Bangladesh bernama Bayezid Hossain.

doktersehat-Bayezid-Hossain-progeria-cutis-laxa-bangladesh

Orang tua dari sang anak, Biswajit Patro, mengaku terkejut dengan kondisi bayi yang baru dilahirkan istrinya pada Minggu, 25 September kemarin ini. Menurut dokter, bayi ini sama sekali tidak sama dengan bayi yang baru dilahirkan pada umumnya dan menunjukkan tanda penuaan di hampir seluruh tubuhnya layaknya keriput hingga kulit yang bertekstur kasar. Beruntung, Patro dan istrinya tetap berbahagia dan bersyukur kepada tuhan dengan kelahiran sang anak dengan selamat.

Dokter di Bangladesh pun meyakini jika sang bayi terlahir dengan kondisi yang sangat langka, yakni Hutchinson-Gilford progeria syndrome (HPGS) atau yang juga kerap disingkat sebagai progreria saja. Kondisi ini biasanya hanya terjadi sekali dari empat juta kelahiran di seluruh dunia. Bayi yang terlahir dengan progeria akan mengalami kelainan genetik dimana tubuhnya akan memproduksi protein abnormal yang disebut sebagai progerin sehingga Ia akan mengalami penuaan yang sangat cepat dan tidak normal. Namun, kondisi progeria yang terjadi pada putra dari Patro ini juga lebih langka terjadi karena biasanya progeria muncul setelah bayi berusia satu tahun, bukan pada saat baru dilahirkan.

Meskipun Patro dan keluarganya berharap agar putranya bisa tumbuh dengan sehat dan bisa terus hidup hingga dewasa, dalam realitanya, anak yang menderita progeria biasanya hanya bertahan hingga usia 13 tahun saja. Namun, ada kasus berbeda yang terjadi pada pasien progeria bernama Hayley Okines yang bisa bertahan hingga usia 17 tahun.