Bayam, Sayuran yang Baik Bagi Kesehatan Janin

DokterSehat.Com – Setiap pasangan yang baru saja mendapatkan kehamilan tentu akan sebisa mungkin menjaga kehamilan ini tetap sehat agar janin bisa berkembang dengan baik. Untuk memastikannya, ibu hamil tentu harus menjaga asupan makanan setiap hari yang selalu sehat dan kaya akan gizi. Salah satu makanan yang ternyata sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah bayam. Sebagaimana diketahui, bayam memang memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Namun, kebaikan apa sajakah yang ditawarkan bagi kesehatan kehamilan?

doktersehat-bayam

Pakar kesehatan menyebutkan jika bayam ternyata sangat mendukung kesehatan dan perkembangan janin. Bayam ternyata memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi sehingga andai ibu hamil rutin mengkonsumsi sayuran hijau ini, maka Ia pun bisa menurunkan resiko bayi terkena kelainan tulang belakang terbuka pada bayi yang disebut sebagai spina bifida.

Bayam ternyata dianggap sebagai salah satu asupan makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi semenjak trimester pertama kehamilan, khususnya semenjak bulan pertama kehamilan. Cara mengolah sayur bayam yang baik bagi perkembangan janin pun cukup sederhana, yakni dengan menjadikannya sup atau direbus dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak memasaknya terlalu lama karena bisa membuat berbagai nutrisi baik pada bayam yang sangat penting bagi perkembangan janin menghilang.

Selain rutin mengkonsumsi bayam, ibu hamil juga harus baik-baik dalam menjaga kekuatan kandungannya. Untuk mendapatkannya, ibu hamil bisa melakukan olahraga atau latihan yang kecil semenjak fase awal kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kandungannya pada dokter kandungan untuk memastikan perkembangan kehamilan tetap terjaga dengan baik dan mendapatkan berbagai tips yang sangat berguna bagi kesehatannya dan janinnya.