Bayam, Sayuran dengan Berbagai Manfaat

DokterSehat.Com – Menurut ahli nutrisi yang berasal dari kanada, bayam merupakan suatu sumber utama dari natrium dan magnesium yang merupakan dua elektrolit penting untuk menjaga kesehatan manusia. Selain memiliki kandungan elektrolit, bayam juga memiliki berbagai kandingan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu Vitamin K, Vitamin A, folat, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin E, kalsium, besi, dan Vitamin C.

doktersehat-bayam

Berbagai kandungan yang terdapat dalam bayam, memiliki berbagai fungsi kesehatan bagi tubuh kita:

  • Tulang
    Kandungan Vitamin K sangat baik bagi kesehatan tulang, menurut penelitian yang telah dilakukan, asupan Vitamin K bisa mengurangi kemungkinan terjadinya patah tulang dengan cara meningkatkan kerapatan tulang, hal tersebut terjadi karena tubuh kita menggunakan Vitamin K ketika membentuk tulang.
    Selain vitamin K, bayam juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang, meskipun hanya sedikit dan tetap harus didukung dengan makan makanan lain yang mengandung kalsium.
  • Anemia karena kekurangan besi
    Bayam merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung besi, besi sendiri merupakan komponen penting dalam pembentukan darah, sehingga memakan bayam direkomendasikan untuk mencegah anemia.
  • Kulit dan rambut
    Kandungan vitamin A yang baik untuk rambut dan juga pertumbuhan kulit serta kandungan vitamin C yang bisa membantu penyembuhan luka dan juga pertubuhan kulit dan rambut menajdikan bayam merupakan salah satu makanan yang baik bagi mereka yang peduli pada kesehatan rambut dan kulitnya.
  • Kanker
    Menurut penelitian yang telah dilakukan, bayam memiliki berbagai kandungan yang dapat mencegah berbagai macam kanker yang dapat timbul, salah satunya adalah kanker prostat dan kanker payudara.
  • Jantung
    Kandungan kalium dalam bayam baik bagi kesehatan jantung, mengurangi risiko terjadinya stroke, menurunkan tekanan darah, dan juga menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Selian kalium, kandungan vitamin K juga merupakan hal yang penting dalam kesehatan jantung dan pembekuan darah ketika terjadinya luka.
  • Kehamilan
    Kandungan asam folat bisa membantu mengurangi risiko kecacatan yang dapat timbul pada bayi, meskipun tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan asam folat dalam kehamilan, memakan bayam dapat cukup membantu asupan asam folat bagi ibu hamil.