Bayam, Makanan Sehat Bagi Otak

DokterSehat.Com – Bayam adalah makanan yang dikenal luas sangat menyehatkan tubuh. Memang, khasiat bayam tidak akan serta merta membuat tubuh kita menjadi lebih kuat layaknya Popeye yang mengkonsumsi bayam. Namun, nutrisi yang ada di dalam bayam akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, khususnya bagi organ otak kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita rutin mengkonsumsi bayam, maka kita akan membuat otak kita lebih muda 11 tahun sehingga kita pun tidak akan beresiko mengalami penurunan daya ingat.

doktersehat-sayur-bayam-sehat-mutrisi

Sebuah penelitian dilakukan oleh Martha Morris dan timnya yang berasal dari Rush University di Chicago, Amerika Serikat, dan melibatkan setidaknya 950 orang tua dengan usia rata-rata 81 tahun selama 10 tahun. Data dari para orang tua ini diteliti setiap tahun dengan cara melakukan 19 jenis tes khusus. Tes ini sendiri akan mengetahui apakah ada dampak dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari mempengaruhi kesehatan otak para partisipan.

Hasil dari penelitian ini adalah para partisipan yang cenderung suka mengkonsumsi bayam setidaknya sekali hingga dua kali sehari akan memiliki fungsi kognitif otak yang cenderung lebih maksimal. Morris bahkan menyebutkan jika dengan rutin mengkonsumsi bayam, maka partisipan yang sudah berusia tua ini cenderung mencegah penurunan kognitif dengan sangat baik sehingga mereka pun akan lebih baik dalam mencegah penyakit Alzheimer dan juga demensia.

Morris menyebutan jika sayuran hijau ini kaya akan vitamin dan nutrisi layaknya lutein, folat, beta karoten, dan vitamin K yang akan sangat baik dalam melindungi dan mempertahankan fungsi kognitif otak. Kandungan nutrisi inilah yang akan membuat mereka yang suka mengkonsumsi bayam terhindar dari masalah pikun dini. Bahkan, diketahui jika konsumsi bayam bisa membuat otak kita menjadi 11 tahun lebih muda.