Minyak Bay, Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Kulit

doktersehat-minyak-bay-menjaga-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Minyak esensial merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya mengandung beragam bahan aktif di dalamnya. Tidak heran jika minyak esensial kerap digunakan dalam sejumlah metode pengobatan oleh sejumlah kelompok masyarakat tertentu. Bahkan, banyak pula minyak esensial yang dijadikan bahan andalan dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Salah satunya adalah bay oil atau minyak bay. Minyak bay sendiri merupakan hasil ekstraksi dari daun pohon bay yang telah melalui proses distilasi penguapan. Dilansir dari laman Organic Facts, minyak bay sendiri mengandung sejumlah bahan aktif seperti alpha-pinene, limonene hingga neral. Nah, agar tidak penasaran berikut sejumlah manfaat dari minyak bay.

1. Menjaga Kulit tetap Steril

Salah satu manfaat dari penggunaan minyak bay adalah menjaga kulit tetap steril. hal ini rupanya berkaitan dengan kandungan zat antiseptik di dalamnya yang dapat mencegah infeksi jamur, virus mau pun bakteri. Tidak hanya itu saja, mengaplikasikan minyak bay pada luka terbuka ternyata juga dapat membasmi dan menekan bakteri penyebab infeksi. Tidak heran jika minyak bay juga dapat mempercepat penyembuhan kulit.

2. Mengatasi Jerawat

Kandungan zat aktif lainnya yang ada di dalam minyak bay adalah antibiotik. Antibiotik merupakan salah satu zat aktif yang mencegah berkembangnya bakteri, mikroba dan jamur pada tubuh, termasuk bagian kulit. Sebagai tambahan informasi, masalah jerawat kerap kali disebabkan oleh serangan akteri P. Acnes. Tidak heran jika penggunaan minyak bay juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan mencegah kulit mengalami breakout.

3. Menyegarkan Kulit

Kendati diekstraksi dalam bentuk minyak esensial, minyak bay ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu astringent alami. Astringent merupakan bahan yang dapat mengembalikan kesegaran kulit. Tidak hanya itu saja, astringent juga membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit tidak akan terlihat berminyak.

Siapa yang menyangka jika minyak esensial dari pohon bay ini juga ampuh dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Kendati masih terbilang jarang tersedia, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak bay.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik