Bau Mulut Setelah Bangun Tidur

DokterSehat.com – Banyak sekali orang yang telah melakukan cara menyikat gigi dengan bener, yakni dengan menyikat gigi tepat sebelum orang tersebut berangkat tidur. Saat menjelang tidur ini adalah saat yang paling tepat untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan tersebut dapat merusak lapisan gigi dan membuat pertumbuhan bakteri berkembang dengan pesat. Namun, walaupun telah menyikat gigi dengan benar, banyak orang yang masih mengeluhkan adanya bau mulut yang sangat mengganggu saat bangun tidur, seakan-akan orang tersebut tidak sikat gigi sebelumnya, apa yang terjadi sebenarnya?



Penyebab utama dari masalah bau mulut ini adalah adanya perkembangbiakan bakteri yang cukup pesat di dalam mulut. Memang, pasta gigi maupun obat kumur yang digunakan dalam pembersihan gigi sebelum tidur dapat mengusir bakteri. Namun, efek dari obat kumur dan pasta gigi tersebut ternyata tidak dapat bertahan lama. Beberapa saat setelah kita tertidur, efek dari obat kumur dan pasta gigi pun berangsur-angsur berkurang dan membuat lingkungan dalam mulut menjadi tempat yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

Selain berkurangnya efek dari pasta gigi atau obat kumur, efek lain yang mempengaruhi adanya bau mulut ini adalah berkurangnya produksi air liur saat kita terlelap. Air liur ternyata juga mempengaruhi terhambatnya perkembangan bakteri di dalam mulut, sehingga, jika produksinya berkurang, bakteripun dapat semakin merajalela. Bakteri yang terus berkembang itu dapat memproduksi sejenis zat sulfur dan zat-zat lainnya yang memicu adanya bau yang tidak sedap. Bahkan menurut beberapa penelitian, terdapat sekitar lebih dari 600 jenis senyawa bau yang tidak sedap yang dilepaskan bakteri di dalam mulut. Beberapa dari bau tersebut bahkan dapat berupa bau mayat, bau telur busuk, bau kaki, bahkan bau yang mirip seperti bau tinja.

Baca Juga:  Di Indonesia, Kasus Kanker Masih Berjibun

Meskipun dirasa cukup mengganggu, sebenarnya manusia memiliki kecenderungan untuk terbiasa dengan bau-bauan ini saat bangun tidur sehingga bagian mulut dapat segera dibersihkan kembali untuk mendapatkan bau yang lebih segar.