Batuk? Atasi Saja Dengan Teh Madu

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup sering muncul di musim hujan seperti sekarang ini adalah batuk. Tak hanya orang dewasa, banyak anak-anak yang bisa terkena batuk yang sangat mengganggu ini. Sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi minuman alami yang diyakini mampu meredakan batuk. Minuman tersebut adalah teh madu.

doktersehat-anak-kid-children-sakit-flu-demam-fever-batuk-kering

Mengapa teh madu? Pakar kesehatan Penny Wise Budoff, M.D, seorang penulis buku No More Menstrual Cramps and Other Good News, menyebutkan jika ada begitu banyak kebaikan kesehatan yang bisa kita dapatkan dari teh madu. Tak hanya menangkal hingga meredakan batuk, teh madu yang masih panas juga diyakini mampu mengatasi kram perut yang kerap dialami oleh wanita yang sedang mengalami fase menstruasi. Menurut beliau, teh madu cukup efektif dalam melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan hal ini akan secara efektif menurunkan kram perut.

Lantas, bagaimana cara membuat teh madu yang bisa mengatasi penyakit batuk? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyeduh teh terlebih dahulu di dalam air panas sebelum kita tambahkan dengan madu sebanyak dua sendok teh. Selain diminum, kita juga sangat disarankan untuk menghirup uap hangatnya yang diyakini sangat efektif membuat rasa sesak pada dada yang kerap terjadi pada batuk kronis menjadi lebih lega. Adanya kandungan madu pada minuman alami ini juga akan mampu mencegah iritasi sekaligus meredakan tenggorokan yang biasanya terasa sangat gatal saat batuk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya kita mengkonsumsi teh madu sebelum tidur malam.

Selain batuk, pakar kesehatan Robert Feder, M.D, dari Amerika Serikat, menyebutkan jika konsumsi teh madu ternyata juga akan sangat efektif menyembuhkan laringitis atau masalah pada pita suara dan juga radang tenggorokan. Dengan meminum teh madu yang panas secara perlahan, tenggorokan pun akan terasa lega dan laringitis pun bisa lebih cepat sembuh.