Batu Ginjal Mengintai Anak-Anak

Doktersehat.com – Di zaman serba instan seperti sekarang ini membuat penyakit semakin cepat menyerang. Penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa pun kini bisa dialami oleh anak-anak. Seperti halnya penyakit batu ginjal yang kini juga mengancam jiwa anak-anak.



Pada anak-anak gangguan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit ketika buang air kecil dan sakit pinggang.

Di Amerika Serikat kerap ditemui masalah batu ginjal yang dialami anak-anak. Tercatat dalam setahun, sekitar 10 sampai 20 anak didiagnosis menderita batu ginjal.

Tingginya asupan sodium menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya masalah batu ginjal. Biasanya sodium terdapat pada junk food, seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan camilan yang digemari anak-anak.

Sama halnya dengan mineral lainnya, sodium yang masuk dalam tubuh akan dikeluarkan melaui urin dan melewati ginjal.

Mengonsumsi terlalu banyak sodium dan mineral lain dapat menyebabkan penumpukan pada ginjal sehingga membentuk batu. Hal ini kemudian dapat menyebabkan sakit saat buang air kecil dan nyeri di bagian pinggang.

Sebagai pencegahan, sebaiknya kontrol kadar sodium dan mineral yang terdapat pada makanan yang akan dikonsumsi anak. Normalnya kadar sodium hanya dibatasi 2.400 mg dalam sehari.

Mengonsumsi jus lemon asam juga dapat Anda gunakan sebagai metode alami mencegah penumpukan mineral pada ginjal.

Sumber: vemale.com