Batu Ginjal Bisa Dihancurkan Dengan Jus Buah Ini

DokterSehat.Com– Salah satu minuman yang sangat enak dan menyegarkan untuk dikonsumsi adalah jus buah. Selain rasanya yang enak, jus buah juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa jenis jus buah disebut-sebut bisa membantu menghancurkan batu ginjal dengan ukuran kecil sehingga akan keluar dengan sendirinya melalui urine. Apa sajakah jus buah yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal ini?

doktersehat-batu-ginjal-kanker

Jus lemon
Lemon kaya akan kandungan sitrat yang bisa mencegah pertumbuhan batu ginjal. Pakar kesehatan Dr. Roger Sur yang berasal dari University of California San Diego Comprehensive Kidney Stone Center menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus lemon bisa membantu menghancurkan batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan potassiumnya yang tinggi yang bisa membantu fungsi ginjal.

Untuk membuatnya, kita bisa memeras 2 hingga 4 buah lemon. Air perasan lemon ini tinggal kita campurkan dengan 1 liter air putih. Mengkonsumsi jus lemon ini di pagi dan malam hari secara rutin bisa membantu mengatasi batu ginjal.

Jus semangka
Salah satu buah yang sangat segar ini kaya akan kandungan potassium yang memang baik bagi kesehatan ginjal. Semangka juga mampu mengendalikan kadar asam di dalam urine sekaligus membantu menghancurkan batu ginjal.

Cuka apel
Cuka apel bisa kita campurkan dengan jus lemon untuk membantu proses penghancuran batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan cuka apel dalam membantu fungsi ginjal, khususnya dalam hal alkalazing darah dan urine kita.

Untuk mencegah datangnya batu ginjal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap hari dan berolahraga dengan rutin. Selain itu, ada baiknya kita menjaga pola makan tetap sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.