Batu Ginjal Bisa Diatasi Dengan Naik Roller Coaster

DokterSehat.Com – Selain menyebabkan ras sakit yang luar biasa, batu ginjal juga dikenal luas cukup sulit untuk disembuhkan. Bagaimana tidak, batu yang sangat keras ini menyumbat kandung kemih sehingga kita bisa merasakan sakit luar biasa saat ingin buang air kecil. Dalam banyak kasus, penderita batu ginjal bahkan bisa mengalami demam parah dan lelah yang luar biasa. Beruntung, baru-baru ini dua orang dokter dari Amerika Serikat menemukan cara mudah untuk mengatasi batu ginjal, yakni dengan cara naik roller coaster. Bagaimana bisa?

doktersehat-batu-ginjal-kanker

David Wartinger dan kawannya, Marc Mitchell adalah pakar kesehatan dari University of Michigan, Amerika Serikt yang menemukan fakta ini dengan cara yang sebenarnya unik. Mereka mendapati adanya fakta aneh dimana 10 tahun lalu ada seorang pasien yang melaporkan bahwa tiga butir batu ginjal keluar dari tubuhnya setelah naik roller coaster. Setelah mencari banyak data dari pasien batu ginjal lainnya, diketahui bahwa pasien tersebut ternyata tidak mengalaminya seorang diri. Ada banyak pasien lain yang melaporkan batu ginjalnya keluar setelah menaiki roller coaster atau aktivitas ekstrim lainnya layaknya bungge jumping. Wartinger dan Mitchell pun akhirnya melakukan penelitian lebih mendalam tentang kaitan batu ginjal dengan roller coaster ini.

Mereka membawa semacam ginjal artifisial yang terbuat dari silicon dan kemudian memasukkan batu ginjal sungguhan dan urin di dalamnya. Lalu, batu ginjal artifisial tersebut dibawa ke Disney World dan mereka pun segera menaiki wahana roller coaster yang terkenal menyeramkan, yakni Big Thunder Mountain Railroad. Setelah menaikinya 20 kali, diketahui bahwa batu ginjal bisa keluar dari ginjal arfitisial!

Wartinger menyebutkan jika gerakan menukik dan belokan cepat bisa membuat tubuh kita menegang dan tanpa sadar ikut mendorong batu ginjal keluar secara alami. Dari batu ginjal arfitisial ini, ada 4 buah batu ginjal dari 24 batu yang keluar jika kita duduk di baris pertama roller coaster. Sementara itu, jika kita duduk di baris belakang pada roller coaster yang lebih mengerikan, kita bahkan bisa mengeluarkan 23 dari 36 batu ginjal.

Baca Juga:  Iklan Digital Ternyata Membuat Banyak Anak Beresiko Tinggi Terkena Obesitas

Adanya penemuan ini membuat Wartinger sangat menyarankan penderita batu ginjal atau mereka yang ingin mencegah batu ginjal untuk sering-sering menaiki roller coaster.