Berapa Banyak Boleh Minum Teh Hijau? Ini Batasannya

doktersehat-batas-minum-teh-hijau
Photo Credit: Flickr.com/sk

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata teh hijau tentu kita sepakat bahwa minuman yang satu ini adalah minuman yang sehat. Meskipun sehat, mengonsumsi teh hijau juga tidak boleh berlebihan, lho!

Teh hijau memang terkenal dengan kandungan zat antioksidan yang paling banyak dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Hal ini yang menyebabkan semakin banyak orang beralih mengonsumsi teh hijau. Ada batasan minum teh hijau juga perlu kita perhatikan.

Kandungan antioksidan paling tinggi pada teh hijau adalah polifenol. Polifenol inilah yang menjadi zat unggulan teh hijau yang akan memberikan manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Jika polifenol dalam teh hijau dikonsumsi berlebihan maka beberapa kondisi yang dapat terjadi adalah:

1. Asupan antioksidan terlalu banyak

Hal ini menyebabkan antioksidan tidak lagi bermanfaat untuk tubuh melainkan dapat mengganggu beberapa obat yang mungkin sedang dikonsumsi.

2. Meningkatkan risiko anemia

Zat besi dapat terganggu dengan konsumsi teh hijau berlebihan. Hal ini disebabkan kandungan katekin yang tinggi pada teh hijau akan menyebabkan penyerapan zat besi terhambat, sehingga risiko anemia zat besi meningkat.

3. Gangguan pola tidur

Bukan hanya kopi, teh hijau ternyata juga memiliki kandungan kafein. Hal ini yang dikhawatirkan dapat mengganggu pola tidur utamanya jika teh hijau dikonsumsi berlebihan.

Tentu ada baiknya kita mengetahui berapa banyak sih kandungan teh hijau yang baik untuk kita konsumsi.

Studi yang dilakukan di Los Angeles menyebutkan bahwa konsumsi polifenol hingga 320 mg setiap hari merupakan batas aman dalam mengonsumsi teh hijau. Angka tersebut setara dengan 2-3 gelas teh hijau.

Nah, setelah tahu batasan mengonsumsi teh hijau, Anda tentu akan mengonsumsi teh hijau sesuai batasan, ‘kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik