Batas Kadar Asam Urat Normal Bagi Pria

DokterSehat.Com – Mengetahui dan memantau batas kadar asam urat normal bagi pria sangatlah penting, mengingat pria beresiko lebih tinggi terkena penyakit asam urat atau gout dikarenakan pola hidup dan faktor genetis. Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit akut seperti batu ginjal hingga peradangan pada persendian.

batas kadar asam urat normal pria

Asam urat adalah zat yang normal ada di dalam tubuh manusia. Zat ini didapatkan dari senyawa purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Berbagai jenis makanan yang kaya akan purin seperti jeroan, hati, ikan asin, kacang kering, ikan laut, hingga minuman seperti bir dan anggur jika dikonsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dengan signifikan.

Wajarnya, kadar asam urat di dalam tubuh akan disaring dan kemudian dibuang oleh ginjal melalui urin kita. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin secara berlebihan, maka kadar asam urat akan meningkat drastis dan membuat ginjal akan kewalahan dalam menyaringnya. Akibatnya, tidak semua asam urat ini terbuang melalui air seni dan akhirnya mengendap di beberapa bagian tubuh. Sebagai contoh, asam urat di ginjal akan mengkristal menjadi batu ginjal dan asam urat yang berada di daerah persendian akan mengkristal di persendian dan akhirnya menyebabkan masalah asam urat atau gout.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar asam urat yang normal bagi pria dewasa adalah diantara 2 hingga 7,5 miligram per desiliter darah. Sementara itu, untuk pria dengan usia lebih dari 40 tahun, maka kadar asam urat yang normal sebanyak 2 hingga 8,5 miligram per desiliter darah. Untuk para remaja pria dengan usia antara 10 hingga 18 tahun, kadar asam urat yang normal biasanya adalah antara 3,6 hingga 5,5 desiliter darah. Untuk lebih jelas, berikut tabel daftar kadar asam urat normal menurut WHO:

Baca Juga:  Suka Makan Melinjo Bisa Menyebabkan Asam Urat?
Umur dan Jenis Kelamin Batas Bawah (Nilai Rendah) Batas Atas(Nilai Batas)
Pria Dewasa 2 mg/dL 7,5 mg/dL
Wanita Dewasa 2 mg/dL 6,5 mg/dL
Pria Lansia 40+ 2 mg/dL 8,5 mg/dL
Wanita Lansia 40+ 2 mg/dL 8 mg/dL
Anak Laki 10-18 tahun 3,6 mg/dL 5,5 mg/dL
Anak Perempuan 10-18 tahun 3,6 mg/dL 4 mg/dL

Jika setelah melakukan tes pengukuran kadar asam urat ini diketahui bahwa kadar asam urat dalam tubuh ternyata di atas normal, ada baiknya kita segera mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan menurunkan asupan yang kaya purin agar tidak mudah terkena serangan asam urat yang cukup merepotkan. Sementara itu, jika kadar asam urat di bawah normal, ada baiknya kita justru menambah asupan makanan yang kaya purin agar kadar asam urat bisa berada dalam kondisi normal.