Basofi Sudirman Tutup Usia

DokterSehat.Com – Basofi Sudirman, sosok yang dikenal luas sebagai mantan gubernur Jawa Timur pada tahun 1993 hingga 1998 dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra pada hari Senin 7 Agustus 2017 pada jam 11.00 siang. Belum diketahui apa penyebab dari sosok yang juga dikenal sebagai penyanyi dangdut.



Pada tahun 90-an, lagu Basofi yang berjudul “Tidak Semua Laki-Laki” cukup laris manis di pasaran. Lagu tersebut bahkan cukup melegenda hingga terkadang masih diputar di radio atau televisi pada jaman sekarang. Sebagai informasi, Basofi adalah putra dari salah seorang tokoh dan pahlawan nasional dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Letjen TNI (Purn) H. Soedirman.

Sebelumnya, kabar hoax tentang meninggalnya Basofi Sudirman sempat muncul pada bulan Mei tahun 2017. Hanya saja, kabar tersebut segera dibantah oleh putri dari basofi, Linda, lewat akun Facebook Radio Suara Surabaya pada tanggal 7 Mei 2017. Sayangnya, pada postingan bantahan pada akun Facebook tersebut, terlihat pula kondisi Basofi yang sudah terbaring dan dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat sejak dua hari sebelumnya.

Kabar meninggalnya Basofi langsung mendapatkan reaksi dari berbagai tokoh politik tanah air. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo misalnya, langsung menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu tokoh militer paling terkemuka dalam sejarah tanah air. Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagai gubernur, Basofi juga pernah menjabat di Kasdam 1 Bukit Barisan sebelum akhirnya menjadi Wakil Gubernur Jakarta pada tahun 1987 hingga 1992.

Basofi direncanakan akan dimakamkan di pemakaman San Diego Hills yang ada di kota Karawang, Jawa Barat. Hanya saja, hari pemakaman masih belum ditentukan oleh pihak keluarga. Rumah duka sendiri berlokasi di Kemang Timur Kompleks II APCO Nomer 24, Jakarta Selatan.