Baru 46 Tahun, Istri Will Smith Alami Kebotakan

doktersehat_jada_pinkett_smith
Photo Source: Flickr/Athena LaTrelle

DokterSehat.Com– Istri bintang film Hollywood Will Smith, Jada Pinket Smith mengaku sudah mengalami kebotakan di usia yang belum terlalu tua, yakni 46 tahun. Apa yang sebenarnya terjadi?

Dilansir dari Daily Mail, Jada menceritakan masalah kebotakannya di acara Red Table Talk. Saat itu, ia sudah menggunakan turban atau penutup rambut. Dalam acara yang dipandunya bersama dengan putrinya, Willow ini, Jada berkata bahwa awalnya hanya mengalami kerontokan ringan saat mandi, namun, lama kelamaan masalah kerontokan ini menjadi semakin parah sehingga rambutnya pun semakin menipis.

Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota dan bisa berpengaruh besar bagi kecantikannya. Jada juga berkata bahwa sangat sulit bagi wanita untuk membicarakan masalah kebotakan atau kerontokan rambut. Karena alasan ini pulalah Jada memilih untuk sering memakai turban.

Awalnya, Jada ketakutan tatkala mengetahui rambutnya mulai rontok dengan parah. Beruntung, dokter berkata jika masalah kerontokan ini sama sekali tidak terkait dengan masalah kesehatan tertentu. Hanya saja, besar kemungkinan masalah kerontokan ini terkait dengan gejala menopause.

Dokter juga berkata jika Jada sepertinya terkena alopecia, kondisi dimana rambut mengalami kebotakan parah akibat pengaruh hormon. Penyebab dari masalah alopecia ini adalah faktor genetik atau bawaan lahir yang biasanya ditandai oleh masalah kebotakan pada bagian tertentu rambut. Penyebab alopecia lainnya adalah gangguan autoimun yang membuat sel-sel imun tubuh justru menyerang folikel rambut yang sehat sehingga memicu kerontokan.

Meskipun berat saat mengetahui rambutnya rontok, Jada pun mulai belajar untuk menerimanya. Ia pun mengakalinya dengan memakai turban dan membuatnya justru memiliki gaya yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.