Baru 4 Tahun, Bocah Ini Sudah Menstruasi

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang aneh menimpa seorang bocah berusia 5 tahun bernama Emily Dover dari New South Wales, Australia. Saat usianya baru 2 tahun, payudara pada tubuhnya mulai tumbuh layaknya seorang gadis remaja. Bahkan, saat usianya 4 tahun, Ia sudah mengalami menstruasi. Kini, di usianya yang ke-5, Emily bahkan harus bersiap menghadapi menopause atau berakhirnya fase menstruasi, sesuatu yang biasa dialami oleh wanita yang sudah berusia paruh baya.

doktersehat-emily-dover

Photo Credit: GoFundMe/ Tam Dover

Dokter yang berasal dari Pediatric Acute Care Unit, Wyong Hospital yang menangani kondisi Emily berkata bahwa sang bocah mengalami penyakit yang disebabkan oleh kelainan hormon, yakni central precocious puberty dan penyakit addison. Bahkan, saat diteliti, kondisi hormon pada tubuh sang bocah ternyata mirip seperti yang ada dalam wanita hamil. Adanya penyakit addison yang dideritanya membuat kelenjar adrenalin dalam tubuhnya tidak mampu memproduksi hormon steroid dengan cukup dan berimbas pada kacaunya siklus pubertas, menstruasi, dan menopause.

Ibunda Emily, Tam Dover, mengaku cukup frustrasi melihat kondisi kesehatan buah hatinya. Bagaimana tidak, Emily harus belajar memakai celana dalam dan pantyliner saat menstruasi, sesuatu yang masih sulit dimengerti oleh anak semuda itu. Yang lebih aneh adalah, pertumbuhan tubuh Emily juga sangat luar biasa. Saat usianya baru 4 bulan, tubuhnya sudah seperti anak berusia 12 atau 18 bulan meskipun saat terlahir kondisinya normal seperti bayi-bayi pada umumnya.

Kini, Emily harus selalu melakukan terapi penggantian hormon setiap tiga bulan sekali demi menjaga keseimbangan hormon dalam tubuhnya.