Baru 12 Tahun, Bocah Ini Tingginya Sudah Mencapai 2,3 Meter!

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengira Gabriel Gomes jauh lebih tua dari usia sebenarnya karena tinggi badannya yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, di usianya yang baru 12 tahun, tubuh Gomes ternyata sudah setinggi 2,3 meter! Bahkan, tinggi badannya diprediksi masih akan terus bertambah. Apa penyebabnya?



Photo Credit: Mogaznews

Tak hanya karena usianya yang memang masih di masa pertumbuhan, Gomes ternyata mengalami kondisi yang disebut sebagai gigantisme. Tak hanya itu, kelenjar pituitarinya juga mengalami tumor dan akhirnya membuat tubuhnya terus memproduksi hormon pertumbuhan. Meskipun terlihat positif, dalam realitanya pertumbuhan tubuhnya sudah mencapai tahapan yang membahayakan bagi organ tubuhnya karena bisa meningkatkan resiko gagal fungsi organ yang tidak mampu mengikuti pertumbuhan tubuhnya yang sangat cepat.

Tingginya yang sangat tidak normal membuatnya merasa kurang percaya diri dengan teman-temannya. Ia juga terkadang merasakan sakit punggung karena posturnya yang cenderung membungkuk.

Saat usianya baru 10 tahun, Gabriel sebenarnya sudah pernah menjalani operasi pengangkatan tumor. Sayangnya, operasi ini tidak sukses karena posisinya yang sangat dekat dengan otak. Hal inilah yang membuat pertumbuhan badannya tak bisa berhenti. Tim dokter pun memutuskan untuk mengoperasinya lagi agar pertumbuhan badannya tidak semakin membahayakan. Hanya saja, dr. Sanders yang berasal dari Das Clinicas Hospital menyebutkan bahwa operasi ini lebih beresiko mengingat sebagian tengkoraknya harus diangkat demi mencegah kerusakan pada otaknya.

Sebenarnya, tumor di kelenjar pituitary pada tubuh Gabriel hanya seukuran 20 milimeter, tidak sampai seukuran sebutir kacang. Hanya saja, karena hal ini bisa mempengaruhi kondisi jantung dan tulang, maka Ia pun harus menjalani operasi demi kesehatannya.