Baru 10 Bulan, Berat Bayi Ini Setara Anak 9 Tahun!

DokterSehat.Com– Seorang bayi berusia 10 bulan yang berasal dari Meksiko belakangan ini viral di media sosial. Luis Manuel Gonzales adalah nama bayi yang mendapatkan julukan bayi raksasa karena memiliki berat badan yang setara dengan anak berusia 9 tahun. Bahkan, berat badan Luis kini sudah mengalahkan kakaknya yang sudah berusia 3 tahun.



Photo Credit: New Strait Times

Meskipun sang ibu mengaku tidak khawatir dengan kondisi ini, pihak keluarga tetap saja merasa heran dengan berat badan yang sangat luar biasa. Sayangnya, meski sudah memeriksakan kondisi ini ke dokter, kebanyakan dokter yang mereka datangi tidak tahu apa yang terjadi dengan sang bayi.

Saat terlahir, berat badan Luis terlihat normal, yakni 3,6 kg saja. Namun, setelahnya, berat badannya terus naik dengan drastis. Pada saat usianya mencapai 2 bulan, berat badannya bahkan sudah mencapai 9,9 kg dan memakai baju yang biasa dipakai untuk anak berusia 2-3 tahun. Kini, saat usianya sudah 10 bulan, berat badannya sudah mencapai 28 kg. Yang menjadi masalah adalah, sebagaimana bayi berusia 10 bulan, Luis kerap meminta digendong orang tuanya namun orang tuanya sangat kesulitan untuk menggendong bayi dengan berat badan luar biasa ini.

Dokter menduga jika Luis mengalami Prader-Willi Syndrome yang merupakan kondisi genetik langka yang membuat seseorang cenderung selalu lapar dan akhirnya makan dengan berlebihan. Namun, orang tuanya menyebutkan bahwa Luis makan dengan normal sebagaimana anak seusianya. Hanya saja, Isabel Pantoja, sang ibu, mengaku jika selama hamil, Ia cenderung kekurangan nutrisi yang sehat karena mengkonsumsi makanan seadanya dan hal ini dikhawatirkan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh Luis.

Silvia Orozco, salah seorang ahli bedah yang mengamati kondisi Luis menyebutkan bahwa bisa jadi diet ibunya saat hamil memang mempengaruhi metabolisme tubuh Luis sehingga berat badannya bisa berkembang dengan luar biasa. Namun, pihak dokter masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.