Barah, Penyakit Kelamin Akibat Perilaku Seks Tidak Sehat

DokterSehat.com – Sudah diketahui bahwa kebiasaan sering gonta-ganti pasangan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kelamin seperti sifilis bahkan HIV AIDS. Kini kebiasaan buruk tersebut juga berdampak pada penularan penyakit kelamin barah yakni kencing bernanah bercampur darah.



Penyebab

Menurut dr Abdullah Reza Sp.Kk, penyakit kelamin barah muncul akibat perilaku seks yang tidak sehat seperti sering gonta-ganti pasangan. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kadar mutasi meningkat.

Barag bisa dialami pria maupun wanita. Pada laki-laki bisanya cenderung terkena barah paru. Sementara pada perempuan biasanya menyerang payudara.

Barah berbeda dengan penyakit raja singa. Barah merupakan penyakit yang diakibatkan pembelahan sel yang berlebihan. Sementara raja singa merupakan penyakit yang disebabkan infeksi treponema palidum.

Pengobatan

Pengobatan barah tergantung pada lokasi barah, jenis barah, tingkat keparahan, dan penyebaran barah atau metastasis. Hal ini disebabkan pengobatan barah yang membutuhkan waktu lama. Barah akan makin parah atau bahkan tidak dapat disembuhkan bila penderita memiliki kebiasaan merokok.

Pengobatan barah terdiri dari dua katagori, yaitu:

1. Operasi

Operasi dilakukan dengan pengangkatan barah lokal sampai jaringan atau kelenjar getah bening yang sudah tersusupi sel darah.

2. Medis

Pengobatan dengan pendekatan medis dilakukan dengan memberi obat-obat kemoterapi atau pemberian  radioterapi.