Banyaknya Tahi Lalat di Kulit Menunjukkan Resiko Kanker Yang Tinggi

DokterSehat.Com – Selain penyakit jantung, penyakit kanker telah menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Penyakit ini akan sangat sulit untuk disembuhkan dan bahkan kerap kali mencabut nyawa seseorang. Telah banyak studi yang menunjukkan cara mengenali tanda-tanda adanya penyakit kanker sejak dini. Namun, pernahkah anda mendengar tentang kaitan tahi lalat pada kulit dengan penyakit kanker? Website Dailymail membeberkan sebuah hasil studi dimana banyaknya tahi lalat ternyata bisa menunjukkan seseorang memiliki resiko terkena kanker yang cukup tinggi.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Penelitian yang dilakukan oleh King’s College di kota London ini dilakukan pada 3.000 orang partisipan yang memiliki jumlah tahi lalat di kulit yang berbeda-beda. Hanya saja, mereka yang memiliki tahi lalat dengan jumlah yang sanagt banyak, yakni lebih dari 100 tahi lalat di kulitnya, memiliki resiko 5 kali lebih besar mendapatkan penyakit kanker daripada mereka yang memiliki tahi lalat dalam jumlah kurang dari 100 buah. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Dermatology menunjukkan fakta mengejutkan bahwa jika seorang wanita memiliki lebih dari 20 tahi lalat pada tangan kanan, maka resiko mendapatkan penyakit kanker cukup tinggi.

Thi lalat sendiri biasanya tidak berbahaya dan hanya berupa kumpulan beragam sel warna melanosit yang timbul pada kulit. Hampir semua orang pasti memiliki tahi lalat di tubuhnya dan tidak memberikan efek kesehatan yang berarti. Yang menjadi masalah adalah, jika jumlah tahi lalat dalam tubuh sangatlah berlebihan, maka hal ini bisa menjadi penanda kulit mengalami kasus kanker kulit atau melanoma yang ganas. Disamping memberikan efek kulit yang terbakar, melanoma ganas juga menambah resiko terkena kanker yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga:  Jangan Berhubungan Intim Saat Keputihan! Ini Bahayanya!

Jika anda menemukan banyak tahi lalat di kulit, atau setidaknya sudah cukup banyak di tangan anda. Jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Dengan pemeriksaan yang dini, kita pun akan bisa mencegah kanker secara dini sehingga bisa segera ditangani dengan tepat dan tidak menjadi penyakit yang berbahaya bagi tubuh.