Banyak yang Tak Tahu, ASI Ternyata Bisa Jadi Obat Bagi Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Tak hanya menjadi sumber nutrisi yang akan mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan bayi, ASI ternyata memiliki banyak sekali kebaikan bagi kesehatan. Tak disangka, ASI ternyata bisa dijadikan obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit ini.

doktersehat-menyusui-kehamilan

Infeksi mata
Kadangkala, bayi yang baru saja dilahirkan mengalami infeksi mata yang ditandai dengan lengketnya mata akibat dari adanya cairan. Untungnya, hanya dengan menggunakan kapas yang telah direndam di dalam cairan ASI, kita bisa menghilangkan cairan dan kotoran tersebut. Masalah mata bayi yang merah juga bisa diatasi dengan meneteskan ASI pada matanya.

Infeksi telinga
Saat usia bayi sudah berusia 6 hingga 8 bulan, kadangkala mereka mengalami infeksi telinga yang membuat mereka rewel namun kerap menggosok organ pendengarannya ini. Cobalah untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengatasinya. Namun, sebagai pertolongan pertama, kita bisa meneteskan cairan ASI pada telinga untuk menghilangkan infeksi ini.

Jerawat pada bayi
Bayi yang berusia lebih dari 1 bulan cenderung mudah mengalami jerawat. Memang, jerawat ini bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, jika bayi merasa terganggu dengan keberadaan jerawat ini, segera oleskan ASI pada kulit yang terkena jerawat ini untuk menghilangkannya.

Kulit kering dan ruam-ruam
Jika bayi mengalami masalah kulit kering, cobalah untuk mengoleskan kulit bayi dengan ASI secara rutin. Selain itu, ASI yang memiliki sifat menenangkan ini ternyata juga bisa mengatasi ruam-ruam pada kulit bayi.

Baik bagi kecantikan ibu
Sebagian ibu ternyata memakai ASI sebagai bahan facial yang bisa membuat kulit lebih halus, lembut, dan mengatasi jerawat.