Banyak Wanita Yang Kurang Percaya Diri Dengan Payudaranya

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk bagian tubuh yang tabu untuk dibicarakan, dalam realitanya wanita mengidamkan bentuk payudara yang kencang, padat, dan indah. Disamping memberikan rasa percaya diri yang jauh lebih baik, payudara yang ideal bisa menjadi daya tarik bagi kaum pria. Adanya idealisme ini membuat banyak wanita yang kurang percaya diri dengan bentuk payudara yang ia miliki. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan fakta mengejutkan dimana hampir sepertiga wanita sangat tidak menyukai bentuk payudara pada tubuhnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Penelitian yang melibatkan 167 wanita ini menunjukkan fakta dimana 30 persen wanita menganggap payudaranya tidak sesuai dengan apa yang Ia idam-idamkan. Bahkan, hanya dengan melihat payudara wanita lain yang terlihat lebih baik daripada payudaranya, baik itu dalam keadaan yang biasa layaknya melihat wanita lain di jalan, di pantai, atau bahkan melihat payudara milik selebritis, maka Ia pun akan semakin merasa tidak percaya diri dengan bentuk payudaranya. Beberapa wanita bahkan mengaku jika mereka menangis karena tidak bisa menerima bentuk payudaranya.

Dari semua partisipan, separuh diantaranya akan berusaha untuk membuat tampilan payudaranya menjadi jauh lebih baik, khususnya dengan cara memakai bra khusus yang memiliki bantalan tebal atau berupa push-up bra yang bisa membuat payudara menjadi lebih terbentuk. Uniknya, jika hal ini ditanyakan pada pasangan para wanita, 93 persen responden mengakui jika pria lebih baik dalam menerima bentuk payudara pasangannya dan bahkan merasa cukup puas dan menyukainya.

Tingginya rasa tidak puas yang diungkapkan wanita pada bentuk payudaranya berasal dari fakta dimana seiring dengan bertambahnya usia, maka payudaranya pun akan cenderung semain turun. Sekitar 30 persen dari partisipan menyebutkan jika masalah payudara yang turun inilah yang membuat kepercayaan diri mereka turun dengan drastis. Sementara itu, 20 persen wanita lainnya berharap ukuran payudaranya akan jauh lebih besar atau bahkan lebih kecil karena merasa risih. Wanita yang telah mengalami kelahiran biasanya juga akan mengalami perubahan payudara yang bisa semakin membuatnya tidak percaya diri. Selain munculnya stretch mark, puting payudara wanita juga akan membesar dan bahkan jarak antara payudara pun menjadi semakin besar. Untungnya, meskipun dianggap bisa menurunkan rasa percaya diri, hanya 44 persen dari semua partisipan yang memilih untuk melakukan operasi untuk memperbaiki payudaranya. Sisanya, meskipun ada yang kurang puas, namun mereka memilih untuk tetap melakukan perawatan yang baik pada payudaranya agar tetap sehat.