Banyak Tidur di Akhir Pekan Bisa Membantu Menjaga Berat Badan

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang memilih untuk tidur di akhir pekan alih-alih bepergian ke tempat wisata atau cuci mata di tempat perbelanjaan. Memang, hal ini terkesan layaknya malas-malasan. Padahal, menurut pakar kesehatan, banyak tidur di hari libur ternyata bisa memberikan manfaat, khususnya dalam hal menjaga berat badan.

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Pakar kesehatan dari Seoul National University Budang Hospital bernama dr. Chang Ho Yun menyebutkan jika mereka yang terbiasa tidur dengan pola yang buruk di hari kerja namun memilih untuk banyak tidur di akhir pekan akan memiliki kesempatan untuk mengatur ulang kembali sistem metabolisme tubuh. Sebagai informasi, kurang tidur bisa menyebabkan gangguan hormon dan metabolisme pada tubuh yang pada akhirnya bisa meningkatkan resiko terkena obesitas, masalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, hingga kematian.

Dari 2 ribu orang dengan rentang waktu 19 hingga 82 tahun yang dilibatkan dalam penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang tidur dua jam lebih lama saat akhir pekan akan memiliki indeks massa tubuh rata-rata sebanyak 22,8. Sementara itu, mereka yang tetap tidur dengan waktu yang cenderung sama dengan saat di hari kerja, indeks massa tubuhnya rata-rata 23,1. Meskipun perbedaan angka ini terlihat kecil, menurut dr. Chang, hal ini bisa berpengaruh besar pada kemampuan menjaga berat badan tetap ideal.

Pakar kesehatan lainnya, Jean-Phillipe Chaput, yang berasal dari University of Ottawa, Kanada, menyebutkan bahwa mereka yang tidak tidur lebih lama di akhir pekan akan tetap merasa lelah dan justru akan cenderung mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini tentu bisa berimbas pada kenaikan berat badan. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi mencibir mereka yang memilih untuk bermalas-malasan di akhir pekan karena bisa jadi hal tersebut adalah cara baginya untuk membuat tubuh lebih bugar sekaligus mempertahankan berat badan.