Banyak Orang yang Terlalu Sensitif Pada Wewangian

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk mengatasi masalah bau badan adalah dengan memakai wewangian atau parfum. Dengan adanya parfum, kita pun bisa mendapatkan kepercayaan diri saat bertemu dengan orang lain meskipun kita aktif bergerak atau banyak berkeringat. Sayangnya, meskipun bisa memberikan bau yang lebih sedap, dalam realitanya banyak orang yang tidak cocok dengan bau parfum hingga akan bersin-bersin atau bahkan merasakan pusing dan mual-mual andai bau parfum terlalu kuat. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini disebut sebagai fragrance sensitivity, atau sensitif terhadap aroma.

doktersehat-belimbing-vitamin-starfruit-obat-batuk

Berdasarkan data yang diperoleh dari studi yang dilakukan oleh University of West Georgia, Amerika Serikat, diketahui bahwa ada 30 persen orang yang mengalami pengalaman tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh bau parfum atau aroma yang terlalu kuat. Yang menarik adalah, kebanyakan orang yang sensitive dengan aroma parfum ini cenderung memiliki masalah asma.

Pakar kesehatan Beth. A Miller dari Asthma, Allergy, and Sinus Clinics, University of Kentucky, menyebutkan jika aroma parfum yang terlalu kuat juga bisa membuat seseorang mengalami gejala mirip dengan alergi dari bersin-bersin, hingga mata dan hidung yang berair. Beruntung, hal ini tidak berpengaruh besar pada sistem imunitas seseorang. Sayangnya, pakar kesehatan masih belum mengerti mengapa ada orang yang cenderung sensitive pada aroma parfum yang terlalu kuat.

Miller menyarankan mereka yang memang cenderung sensitif dengan bau parfum yang terlalu kuat untuk tidak memakai produk parfum dan lebih selektif dalam memilih bau parfum. Selain itu, gunakan produk yang memakai bahan pewangi tambahan layaknya pada lotion, deterjen, atau bahkan pewangi cairan setrika yang bisa saja membuatnya mengalami pusing-pusing. Meskipun terlihat merepotkan, hal ini setidaknya bisa menghindarkan mereka dari pengalaman yang tidak menyenangkan yang disebabkan hanya karena aroma yang terlalu kuat.