Banyak Orang Yang Masih Tidak Tahu Cara Mencuci Tangan Dengan Benar

DokterSehat.Com – Salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yakni dengan rutin mencuci tangan. Sayangnya, karena dianggap sebagai hal yang sederhana, justru banyak orang yang menyepelekan kegiatan ini. Padahal, jika kita tidak rajin mencuci tangan, kita bisa saja memasukkan berbagai bakteri, kuman, atau bahkan kotoran yang bisa menjadi sumber penyakit ke dalam tubuh kita. Tanpa kita sadari, kegiatan sehari-hari kita berpotensi membuat tangan kita terkena berbagai kuman hingga bakteri. Kita tentu harus mulai rajin mencuci tangan agar tidak mudah terkena penyakit. Tidak hanya asal-asalan mencuci tangan, namun kita harus mencuci tangan dengan cara yang benar!

doktersehat-sabun-cuci-tangan-ocd

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa saat dimana kita harus segera mencuci tangan kita. Sebagi contoh, jika kita mengunjungi atau merawat orang yang sakit, maka setelahnya kita tentu harus mencuci tangan. Selain itu, jika kita akan memasak atau makan, setelah mencuci bahan-bahan makanan, khususnya yang berupa bahan hewani, setelah memegang sampah, setelah keluar dari toilet atau kamar mandi, hingga setelah menyentuh hewan peliharaan ternyata juga sebaiknya segera mencuci tangan.

Salah satu pakar kesehatan dari University of Texas Medical School, Kevin Morano, menyebutkan jika meskipun terlihat sepele, berbagai kegiatan tersebut ternyata berpotensi membuat tangan kita tidak bersih lagi. Untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri, kita juga harus memakai teknik pembersihan yang benar, dimana pada awalnya tangan harus dibasahi dengan air secara keseluruhan. Setelah itu, gunakan sabun pencuci tangan dan usapkan dengan merata hingga sela-sela jari dan kuku tanpa terkecuali. Gosokkan sabun ini hingga 20 atau 30 detik hingga bersih dan barulah kita bilas kembali dengan air sehingga tangan pun kembali bersih dan terbebas dari berbagai sumber penyakit.