Banyak Nyamuk di Rumah Tapi Takut Dengan Efek Buruk Obat Nyamuk? Gunakan Saja Bahan Alami Ini

DokterSehat.Com– Pergantian tahun biasanya persis di tengah-tengah musim hujan sehingga suhu udara akan cenderung lebih dingin dari biasanya. Sayangnya, musim hujan juga biasanya diiringi dengan banyaknya nyamuk yang tentu bisa membawa bibit penyakit. Yang menjadi masalah adalah, jika kita menggunakan obat nyamuk, baik itu obat nyamuk bakar ataupun obat nyamuk semprot, ada bahaya yang mengiringi, khususnya dalam hal bahan kimia yang bisa memicu gangguan pada saluran pernafasan kita atua bahkan alergi.

Jika anda tidak ingin terkena dampak buruk dari bahan kimia obat nyamuk ini, kita bisa menggunakan bahan alami berupa serai. Berikut adalah cara untuk menggunakan serai sebagai pengusir nyamuk secara alami.

Siapkan batang dan daun serai sekitar 1 kg. Cucilah dan tiriskan keduanya dan kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Serai yang sudah halus ini tinggal dilarutkan dalam air sebanyak 250 ml dan rendamlah semalaman. Setelahnya, segera saring rendaman tersebut dan encerkan dengan aquades atau air yang sudah disuling.

Ekstrak serai ini pun bisa kita gunakan sebagai wewangian yang ditempatkan di sudut-sudut rumah dan secara efektif membunuh berbagai serangga, khususnya nyamuk. Menurut pakar kesehatan kandungan sitronela dalam ekstrak serai inilah yang akan memberikan efek dehidrasi parah pada tubuh nyamuk sehingga membuat mereka mati.

Tak hanya dijadikan ekstrak, kita juga bisa menanam serai di pekarangan depan atau belakang rumah untuk mengusir nyamuk agar tidak mudah datang ke rumah kita. Dengan menggunakan serai, kita pun tidak perlu lagi khawatir akan efek samping dari obat nyamuk namun tetap terbebas dari serangga penyebab penyakit ini.