Banyak Minum Bisa Sebabkan Pembengkakan Otak

Doktersehat.com – Minum air putih 8 gelas sehari dipercaya bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda. Tapi penelitian terbaru menyatakan hal sebaliknya.



Menurut para peneliti ancaman dehidrasi yang disebabkan kurang minum hanya merupakan mitos. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa air bisa mencegah timbulnya gangguan kesehatan.

Dr. Margaret McCartney menyatakan dengan tegas bahwa minum air 6-8 gelas sehari sebenarnya hanya dibesar-besarkan saja. Hasil penelitian menunjukkan minum saat tidak haus bisa menurunkan konsentrasi Anda. Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahan kimia yang digunakan untuk desinfeksi air kemasan dapat merugikan kesehatan Anda.

Terlalu banyak minum juga bisa mengganggu waktu tidur karena harus bangun dari tidur untuk ke toilet. Tak seperti yang digembar-gemborkan selama ini, penelitian lain malah meyakini minum berlebihan dapat merusak ginjal.

Walaupnun jarang terjadi, minum berlebih juga bisa menyebabkan hiponatremia pembengkakan otak akibat menurunnya kadar garam tubuh.

Pada tahun 2003 aktor Anthony Andrew didiagnosis terkena hiponatremia akibet terlalu banyak minum selama latihan untuk memerani West End.

Sumber: isisurakartablog.com