Banyak Minum Air Putih Mampu Mencegah Obesitas

DokterSehat.Com – Di dalam dunia maya, Amerika Serikat termasuk dalam negara yang kerap diolok-olok oleh negara lain karena memiliki jumlah penduduk penderita obesitas yang sangat tinggi. Bahkan ada stereotype yang menyebutkan jika warga paruh baya dari negara adidaya tersebut pastilah memiliki berat badan berlebihan dan bentuk tubuh yang gemuk. Padahal, jika kita mencermati lebih dalam, banyak penduduk Amerika Serikat dengan rentang usia 50 hingga 60 tahun yang terkena obesitas ini disebabkan oleh kebiasaan mereka pada tahun 1980an lalu yang sangat menggemari makanan cepat saji dan minuman ringan. Hal yang sayangnya kini cukup banyak diadopsi oleh masyarakat tanah air.

doktersehat-minum-air-putih-olahrag

Memang, kini generasi muda di seluruh dunia masih cukup banyak yang menggemari junk food dan minuman bersoda. Namun, kesadaran untuk menghindari makanan dan minuman tidak sehat tersebut pun semakin meningkat karena kita tentu tidak ingin terkena penyakit kardiovaskular atau penyakit kronis lainnya layaknya gagal ginjal gara-gara obesitas ini, bukan?

Tak hanya menghindari makanan cepat saji dan minuman bersoda yang dikenal luas kaya akan kandungan gula dan garam yang tidak sehat bagi tubuh, pakar kesehatan Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K) yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan kita untuk banyak minum air putih demi mencegah obesitas dengan signifikan. Menurut beliau, kebiasaan sederhana ini tak hanya akan membuat tubuh kita terhidrasi dengan baik, namun juga bisa mencegah asupan gula berlebihan yang bisa memicu obesitas.

Memang, bagi mereka yang menggemari konsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda akan cukup berat untuk mengganti makanan dan minuman yang lezat ini dengan air putih dan makanan sehat lainnya. Namun, demi tidak terkena obesitas yang sangat berbahaya bagi tubuh, ada baiknya memang kita melakukan hal ini mulai sekarang.