Banyak Makan Asparagus Akan Dapat 6 Manfaat Sehat Ini

DokterSehat.Com – Kandungan gizi asparagus sangat baik (excellent). Sayuran ini membantu pertumbuhan anak-anak, menangkal berbagai penyakit degeneratif, dan dapat menyenangkan hati. Nama asparagus langsung diambil dari bahasa Latinnya, yaitu Asparagus officinalis yang termasuk ke dalam famili Asparagaceae dan genus Asparagus. Dalam bahasa Yunani, asparagus disebut aspharagos, sedang dalam bahasa Persia, dikenal dengan asparag yang berarti tumbuh.

6

Asparagus merupakan sejenis sayuran yang merupakan tanaman berumah dua. Artinya, tanaman ini ada yang jantan dan ada yang betina. Asparagus berasal dan banyak ditanam di Amerika, khususnya Amerika Utara, antara lain Lembah California, Sacramento, New Jersey, Carolina Selatan, dan Illinois. Rebung asparagus yang diambil sebagai sayuran adalah rebung yang besar berwarna putih, lunak, dan gemuk.

Lahan yang dibutuhkan oleh sayuran asparagus adalah dataran tinggi dengan ketinggian 600-900 m di atas permukaan laut, asparagus dapat tumbuh optimal pada suhu antara 15-25 derajat Celsius dengan curah hujan yang cukup banyak dan merata sepanjang tahun, yaitu berkisar antara 2.500-3.000 mm/tahun.

Karena itu, syarat utama lahan harus dataran tinggi, berhawa sejuk, dan dekat sumber air agar kebutuhan air di musim kemarau tercukupi. Areal dengan kondisi seperti di atas jarang ditemukan di Indonesia.

Jika Anda suka dengan asparagus, maka Anda bisa mendapatkan manfaat ini :

  1. Terhindar Alzheimer
    Asparagus adalah sayur yang kaya vitamin K dan bisa mencukupi 35 persen dari kebutuhan harian Anda. Dengan adanya vitamin K, dapat mencegah stress syaraf otak dan mencegah kerusakan neuron yang menjadi penyebab Alzheimer. Vitamin K juga sangat baik dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi. Vitamin K menghindarkan dari gigi berlubang dna osteoporosis.
  1. Menjaga kesehatan jantung
    Jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, maka konsumsi asparagus bisa jadi referensi. karena asparagus memiliki asam folat yang tinggi, ini bisa menjadi jalan menghindari penyakit kardiovaskuler. Asparagus juga dapat menurunkan kolesterol jahat karena mengandung serat, potassium, dan asam folat sehingga dapat mengontrol kadar tekanan darah dan homosistein darah.
  1. Melancarkan pencernaan
    Asparagus kaya serat sehingga sangat baik melancarkan pencernaan, konsumsi asparagus akan mengurangi derita diare dan sembelit. Asparagus juga merupakan satu-satunya sayur yang mengandung insulin dan menutrisi bakteri baik dalam usus besar.

    Hal ini bertujuan agar terhindar dari serangan bakteri jahat, bahkan asparagus juga mengandung banyak asam amino yang memudahkan Anda mengeluarkan gas dalam perut dan menyelesaikan masalah kembung.

  1. Cegah kanker
    Asparagus juga memiliki fungsi menakjubkan hingga bisa mencegah kanker, sifat asparagus yang anti kanker didukung dengan adanya kandungan glutathione, yaitu antioksidan kuat yang mampu memecah kanker dan radikal bebas.
  1. Meningkatkan kesehatan wanita
    Asparagus memiliki asa folat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Bukan hanya itu, asparagus juga bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

    Asparagus juga sangat baik dikonsumsi setiap hari saat menstruasi, karena dapat meringankan nyeri, kram dan menstabilkan emosi saat PMS. Asam folat juga memicu produksi histamin, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual atau libido pria dan wanita.

  1. Baik untuk diabetes
    Karena asparagus rendah kalori dan gula, serta mengandung insulin, sayur ini sangat tepat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Insulin adalah hormon yang bisa menyerap glukosa tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Jika asparagus dikonsumsi setiap hari, Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit karena asparagus bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit. Jadi, mengapa tidak mengonsumsi asparagus dari sekarang Ladies?