Atrial Flutter – Bantuan Medis dan Pemeriksaan

Jika seseorang mengalami salah satu gejala sugestif atrial flutter, seseorang harus menemui dokter. Jika gejala parah atau mengkhawatirkan, bantuan medis harus segera dicari.

doktersehat-jantung-Prolaps-Katup-Mitral-Valve-Prolapse-mvp

Jika seseorang mengonsumsi obat-obatan untuk atrial flutter dan mengalami perubahan atau perburukan gejala, pasien harus segera mengunjungi dokter atau mencari bantuan medis

Segera menuju ke UGD jika terdapat gejala berikut.

  • Sakit dada
  • Pusing atau sensasi melayang
  • Pingsan

Bagaimana atrial flutter didiagnosis?
Setelah mendengar tentang gejala pasien, dokter dapat menduga adanya suatu aritmia. Karena banyak aritmia yang berbeda yang dapat menyebabkan gejala yang sama, evaluasi pada awalnya berfokus pada mengesampingkan jenis aritmia yang paling berbahaya. Satu tes sederhana, elektrokardiogram (EKG), dapat membantu memberitahu banyak hal tentang apa yang terjadi dengan jantung pasien.

EKG akan mengukur dan mencatat impuls listrik yang mengontrol detak jantung.

  • Temuan EKG dapat menunjukkan apakah ada penyimpangan dalam detak jantung dan kelainan pada jantung.
  • Dalam aritmia, rekaman EKG dapat membantu menentukan jenis aritmia dan di bagian jantung mana aritmia tersebut berasal.
  • EKG juga menunjukkan tanda-tanda serangan jantung, iskemia jantung, pembesaran jantung abnormal (hipertrofi), kelainan konduksi, dan kelainan kimia dan elektrolit tertentu dalam jaringan jantung.

Orang kadang-kadang memiliki gejala yang menunjukkan aritmia, tetapi ketika EKG direkam, hasilnya dapat saja normal. Ini mungkin berarti bahwa aritmia tersebut merupakan jenis yang datang dan pergi (atrial flutter paroksismal), yang merupakan kondisi yang sering terjadi, atau mungkin berarti bahwa memang pasien tidak mengalami aritmia, dan jantung terasa aneh atau berdebar karena faktor lain, seperti kecemasan. Jika hasil EKG normal, EKG yang dapat dipasang selama 24 jam dapat digunakan yaitu disebut monitor Holter atau untuk EKG yang dipasang dalam jangka waktu yang lebih lama yaitu menggunakan event-monitor.