Bangun Tidur Kepala Terasa Sakit? Bisa Jadi Karena Ini

DokterSehat.Com– Normalnya, kita akan mendapatkan sensasi segar dan penuh energi saat bangun tidur. Namun, kadangkala kita terbangun dengan kondisi kurang bugar dan justru mengalami sakit kepala. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa sakit kepala saat bangun tidur bisa jadi dipicu oleh masalah kesehatan berikut ini.

doktersehat-sakit-kepala-wanita

Sleep apnea
Sleep apnea membuat penderitanya mengalami henti nafas saat tidur. Memang, kondisi henti nafas ini hanya terjadi dengan sementara dan penderitanya bisa bernafas dengan normal kembali. Namun, hal ini ternyata bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan. Bagaimana tidak, henti nafas bisa menurunkan asupan oksigen pada otak dan akhirnya menyebabkan sakit kepala saat kita terbangun di pagi hari.

Bruxism
Bruxism adalah masalah kesehatan yang menunjukkan gejala berupa gigi yang bergemeretakan atau bergesekan saat tidur. Masalah kesehatan ini seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bruxism seringkali terkait dengan gangguan mental seperti stress atau kecemasan berlebih. Tak hanya membuat kepala pusing saat bangun tidur, masalah kesehatan ini juga bisa membuat cedera pada rahang atau persendian temporomandibular akibat dari kuatnya gesekan antara gigi atas dan gigi bawah.

Depresi
Pakar kesehatan menduga bahwa depresi memang bisa membuat kepala kita sakit saat bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kualitas tidur akibat dari gangguan mental ini. Selain itu, depresi juga bisa membuat semangat dan rasa percaya diri seseorang menurun drastis.

Jika anda kerap mengalami sakit kepala ini saat bangun tidur, ada baiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan solusi medis yang tepat.