Bangun Pagi Ternyata Bisa Membuat Tubuh Lebih Langsing

DokterSehat.Com – Berbagai cara akan dilakukan oleh mereka yang sangat ingin menurunkan berat badan. Beberapa orang mau berkorban dengan melakukan diet ketat dan membatasi banyak sekali asupan makanan hanya untuk membuat berat badannya turun dengan cepat. Memang, cara paling efektif menurunkan berat badan adalah dengan menata pola makan dan juga rutin berolahraga untuk membakar kalori. Namun, sebuah penelitian terbaru juga menunjukkan sebuah fakta menarik yang akan sangat membantu mereka yang sedang melakukan program diet. Fakta tersebut adalah; mereka yang bangun pagi akan lebih mudah menurunkan berat badan!

doktersehat-meditasi-lingkungan-udara

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di Amerika Serikat ini dilakukan oleh Northwestern University, Amerika Serikat. Dari 54 orang partisipan yang diteliti, mereka yang bangun lebih pagi dan lebih awal mendapatkan paparan sinar matahari ternyata cenderung memiliki indeks massa tubuh yang semakin rendah. Sebaliknya, para partisipan yang cenderung bangun lebih siang, indeks masaa tubuhnya juga cenderung lebih tinggi. Ketua peneliti, Kathryn Reid menuturkan jika rata-rata partisipan adalah usia dewasa produktif 30 tahunan dan penelitian ini dilakukan dengan sejenis alat pemantau yang dipasang di pergelangan tangan yang dapat mengukur paparan cahaya serta siklus tidur. Selain itu, semua partisipan juga harus mempertahankan pola makan yang sama selama seminggu penuh.

Adanya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cahaya matahari di pagi hari ternyata berpengaruh terhadap indeks massa tubuh seseorang. Penelitian ini bahkan mencatat bahwa pengaruh ini bisa mencapai 20 persen indeks massa tubuh seseorang. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cahaya matahari ternyata berperan aktif dalam membuat sinkronisasi jam biologis yang pada akhirnya akan mengatur ritme sirkadian. Hal ini berarti, mereka yang mendapatkan cahaya matahari pagi akan mendapatkan keseimbangan energi yang jauh lebih baik di tubuhnya.

Baca Juga:  Efek Samping Olahraga Berlebihan

Lantas, kapankah waktu terbaik untuk mendapatkan cahaya matahari yang bisa mempengaruhi indeks massa tubuh? Peneliti menyebutkan jika jam 8 pagi hingga tengah hari akan menjadi waktu yang paling tepat meskipun waktu terbaik mendapatkan paparan cahaya matahari adalah 20 hingga 30 menit lamanya dari jam 8 pagi hari. Jika waktu mendapatkan cahaya matahari ini disertai dengan latihan tubuh yang membakar kalori, maka program menurunkan berat badan pun bisa menjadi semakin mudah dilakukan.