Bangun Pagi Setelah Begadang Tahun Baru, Segera Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat

DokterSehat.Com– Setelah menikmati malam pergantian tahun dengan begadang demi melihat pesta kembang api atau pesta barbeque, ada baiknya kita melakukan berbagai hal ini agar tidak mudah terkena masalah kesehatan layaknya stroke, obesitas, hingga gangguan memori.

doktersehat-orangtua-lansia-olahraga

Mengendalikan nafsu makan
Kurang tidur bisa membuat kita cenderung mengalami peningkatan nafsu makan dengan signifikan, khususnya pada makanan yang kaya akan kalori, makanan manis, dan makanan cepat saji. Jika kita menuruti keinginan ini, berat badan tentu akan mudah untuk naik. Karena alasan inilah ada baiknya kita tetap menjaga pola makan yang sehat dengan tidak melupakan air putih, sayuran, dan buah-buahan.

Makanan yang direkomendasikan
Konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan protein rendah lemak layaknya kacang-kacangan. Selain itu, buah segar juga sangat direkomendasikan agar tubuh memiliki energi yang cukup di pagi hari.

Berjalan-jalan dan menikmati matahari pagi
Cobalah untuk berjalan-jalan sembari menikmati hangatnya sinar matahari pagi di hari pertama tahun baru. Tak hanya bisa membuat otak menjadi lebih segar, badan juga akan menjadi lebih bugar dan tidak mudah lesu seharian.

Jangan minum kopi dengan berlebihan
Begadang memang akan membuat kita lebih mengantuk di hari pertama tahun baru. Namun, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi kopi untuk mengatasi rasa kantuk ini. Bukannya badan menjadi lebih segar, bisa jadi kita justru akan mengalami kecemasan, gelisah, hingga jantung yang berdebar-debar. Hal ini justru akan membuat tubuh akan terasa tidak nyaman, bukan?

Tidurlah sejenak
Jika memang badan masih mengantuk, jangan paksakan diri untuk melakukan kegiatan. Tidurlah sejenak, yakni sekitar 10 hingga 20 menit. Dengan melakukannya, maka otak kita akan menjadi lebih segar. Selain itu pastikan untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi yang berimbas pada tubuh yang terasa kurang nyaman seharian.