Bangun Pagi Perut Langsung Terasa Sangat Lapar? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah merasakan kondisi perut yang sangat lapar saat bangun tidur di pagi hari sehingga membuat kita ingin segera makan. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari rasa lapar yang luar biasa ini?

doktersehat-lapar-makan-wanita

Kurang tidur
Tak disangka, kebiasaan tidur dengan waktu yang kurang ternyata bisa membuat kita merasakan lapar yang luar biasa saat bangun tidur. Pakar kesehatan Rhannon Lambert yang berasal dari Rhitrition.com menyebutkan bahwa tubuh yang kurang istirahat akan cenderung menggila dan langsung menagih glukosa saat bangun tidur demi mendapatkan energi dalam waktu yang sangat cepat.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Obesity, disebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur akan membuat kita cenderung makan dua kali lipat dari asupan kalori biasanya.

Menu makan malam yang kurang sehat
Jika di malam sebelum tidur kita mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat, hal ini ternyata akan membuat otak sangat menginginkan asupan glukosa saat bangun tidur. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengkonsumsi karbohidrat dengan porsi yang wajar saat makan malam atau memilih jenis karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna dalam perut seperti beras merah, roti gandum, atau pasta.

Minum alkohol
Kebiasaan menenggak minuman beralkohol bisa menurunkan kadar hormon leptin dalam tubuh hingga 30 persen. Saat kita tidur, organ hati juga akan bekerja keras untuk mengurai kandungan alkohol sehingga fungsi monitor kadar glukosa dalam tubuh tidak berfungsi. Alhasil, saat bangun pagi kita akan merasakan lapar yang luar biasa.

Kurang minum air putih
Tubuh yang kekurangan air putih tentu akan menyebabkan rasa haus. Sayangnya, tubuh terkadang salah menafsirkan rasa haus sebagai rasa lapar yang muncul saat bangun tidur.