Bangun Pagi Menawarkan Banyak Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua untuk bangun pagi dengan tujuan rejeki kita tidak dipatuk ayam, bukan? Meskipun terlihat seperti candaan, dalam realitanya bangun pagi memang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hanya saja, bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi hal yang berat karena mereka baru bisa baru beranjak tidur di larut malam. Karena alasan inilah kita harus lebih baik dalam menata pola tidur yang sehat agar bisa mendapatkan tidur yang cukup namun tetap bisa bangun pagi. Sebenarnya, apa sajakah yang bisa kita dapatkan andai kita rutin bangun pagi?

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat

Tubuh lebih bugar
Dengan fokus untuk bisa bangun pagi, kita tentu akan sebisa mungkin berusaha untuk tidur lebih cepat. Hal ini ternyata sangat baik dalam menstabilkan ritme sirkadian tubuh dan akan berimbas pada tubuh yang menjadi lebih bugar saat bangun pagi. Tak hanya itu, kualitas tidur yang baik akan membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

Menurunkan stres
Dengan bangun pagi, kita akan memiliki waktu untuk bersantai sejenak dan menikmati udara pagi atau sinar matahari yang hangat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya kadar stres pada tubuh. Selain itu, kita juga akan terhindar dari rasa terburu-buru dan ketakutan untuk terlambat datang ke tempat kerja atau terkena macet di suatu tempat. Tanpa kita sadari, hal ini juga sangat baik bagi kesehatan psikologis kita.

Berolahraga
Dengan bangun pagi, kita akan memiliki waktu untuk berolahraga meskipun tidak terlalu lama. Dengan rutin berolahraga, kita tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, bukan?

Diet sehat
Ada banyak waktu di pagi hari untuk mempersiapkan sarapan pagi yang lebih sehat atau bahkan bekal makan siang. Sudah menjadi rahasia umum jika masakan sendiri bisa kita atur sedemikian rupa sehingga kita pun akan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.