Bangun Pagi Itu Mudah Kok

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, bangun siang adalah sebuah anugerah yang sangat langka untuk didapatkan. Selain di akhir pekan, orang akan cenderung bisa untuk bangun siang pada masa liburan. Sementara itu, di hari kerja, kita seringkali akan sangat terpaksa harus bangun pagi. Padahal, tahukah anda, bangun pagi setiap hari, baik itu di hari kerja maupun di akhir pekan, ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kita bisa menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi yang tenang yang tentu akan baik bagi mood dan juga pikiran. Selain itu, jika kita masih bisa menyempatkan olahraga pagi atau memasak sarapan bergizi, tentu akan sangat baik bagi kesehatan kita bukan?



Lantas, apakah ada cara efektif membuat kita mudah bangun pagi, khususnya di hari kerja? Pakar kesehatan berkata ada. Salah satunya adalah kita harus lebih baik dalam menata pola tidur kita. Sebagai contoh, cobalah untuk tidur lebih cepat setiap hari. Terlihat mudah? Tidak selalu. Beberapa orang masih harus berkutat dengan pekerjaan atau tugas hingga larut malam, sementara itu, sebagian lain asyik membaca buku atau menonton acara televisi sehingga sulit untuk tidur dengan cepat. Cobalah untuk menata waktu dengan lebih baik agar bsisa tidur dengan lebih cepat dan esoknya akan bangun pagi dengan lebih segar.

Pastikan agar kita bisa berada dalam posisi yang paling nyaman sebelum tidur. Selain mematikan lampu, kamar tidur yang bersih dan bersuhu sejuk akan cenderung membuat kita cepat terlelap dengan nyenyak. Jika dperlukan, kita juga bisa memakai masker mata yang akan “memaksa” kita tidur dengan lelap lebih cepat. Selain itu, hindari percakapan yang membuat pikiran kita stress atau bahkan melihat media sosial sebelum tidur karena kita justru akan lebih mudah terjaga dan sulit untuk segera beranjak tidur.

Baca Juga:  Selama Puasa, Ibu Hamil Sebaiknya Mengkonsumsi Makanan Berikut

Saat bangun pagi, cobalah untuk tidak menekan tombol Snooze pada alarm. Segeralah bangun dan nikmati waktu pagi dengan baik, khususnya dengan menikmati sinar matahari nan hangat dan menghirup udara yang masih segar. Dengan melakukan hal ini, maka kita pun akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik dan badan yang lebih bugar untuk melakukan aktifitas seharian.