Balon Bisa Dipakai Untuk Mendeteksi Kanker Paru?

Emboli-Paru-doktersehat

DokterSehat.Com– Dr. dr. Achmad Hudoyo, salah seorang dokter spesialis paru yang berasal dari Rumah Sakit Persahabatan berhasil menemukan sebuah metode yang sangat unik untuk mendeteksi kanker paru, yakni dengan menggunakan balon. Bagaimana cara balon yang lebih dikenal sebagai mainan anak ini mendeteksi masalah kesehatan ini?

Sebagaimana kita ketahui, kanker paru adalah salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia mengingat tingginya jumlah perokok di tanah air. Yang menjadi masalah adalah, para perokok pasif atau yang hanya terpapar asap rokok tanpa menikmatinya juga bisa terkena masalah kanker paru ini. Karena alasan inilah ada baiknya mereka yang kerap menghirup asap rokok meskipun bukan perokok dan mulai merasakan gangguan pada pernafasan harus melakukan deteksi dini pada penyakit mematikan ini.

Teknik deteksi kanker paru yang ditemukan oleh dr. Achmad sangat sederhana, yakni hanya dilakukan dengan cara menghembuskan nafas kita pada balon. Setelahnya, udara yang ada di dalam balon ini dikeluarkan dan disaring dengan kertas khusus. Di kertas inilah kita bisa mengecek DNA yang bisa menunjukkan apakah kita sedang mengidap kanker paru atau tidak.

Penemuan ini diharapkan bisa membantu deteksi dini kanker paru di seluruh tanah air mengingat kertas penyaring yang dipakai untuk mengecek DNA bisa dengan mudah dikirim ke mana-mana melalui kiriman pos. Balon yang dipakai untuk menampung udara pasien juga tidak memiliki harga yang mahal.

Tak hanya kanker paru, para perokok aktif dan pasif memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, stroke, gangguan kehamilan, gangguan tulang, dan berbagai masalah lainnya. Ada baiknya memang kita menghindar dari asap rokok yang sangat beracun ini demi kesehatan tubuh.