Balita Ini Harus Dioperasi Karena Menelan Baterai

DokterSehat.Com – Apa yang terjadi pada balita yang baru berusia 19 bernama Ava-Kate Parsons ini sangatlah mengenaskan. Bagaimana tidak, putri dari Cole Parsons dan Courtney Thorne dari Florida, Amerika Serikat ini, harus melakukan operasi dalam jumlah yang luar biasa, yakni 20 kali. Padahal, penyebabnya sendiri sangatlah sepele, yakni gara-gara Ava menelan baterai lithium yang berukuran kecil dan berbentuk koin.

doktersehat-operasi-pisau

Semua berawal dari Ava yang sedang bermain dengan remote control tanpa pengawasan yang serius dari sang ibu. Tiba-tiba saja Ava menelan baterai dari remote control tersebut dan Courtney pun langsung panik. Ia pun segera berusaha mengeluarkan koin ini dari putrinya seorang diri. Sayangnya, karena sudah terlanjur tertelan, Ia pun akhirnya segera memanggil bantuan paramedis. Ava pun segera dilarikan ke Wolfson Children’s Hospital yang ada di kota Jacksonville. Tim dokter pun segera mengoperasinya mengingat menurut rekomendasi dari the National Capital Poison Center, baterai ini harus dikeluarkan dalam durasi kurang dari dua jam agar racun dari baterai ini tidak menyebar di dalam tubuhnya.

Sayangnya, tindakan operasi ini membutuhkan waktu lebih dari lima jam. Orang tua Ava pun mengaku sangat khawatir akan adanya hal ini dan kecewa dengan tindakan penanganan tim dokter rumah sakit tersebut yang dianggap terlalu lambat. Bahkan, Cole dan Courtney menyebutkan jika dr. David Smith yang menangani Ava terkesan menganggap enteng masalah yang dihadapi oleh anaknya sehingga akhirnya mereka pun menuntutnya secara hukum.

Menurut Cole, sang dokter tetap santai tatkala mengetahui baterai ini sudah membakar kerongkongan putrinya. Padahal, andai Ia segera menanganinya, Ia bisa mencegah kandungan beracun ini agar tidak sampai merusak sistem pencernaan tubuh Ava.

Karena lambatnya penanganan dari dokter ini, Cole dan Courtney pun harus bolak-balik dari Florida ke Boston untuk memastikan Ava bisa ditangani dengan benar. Sejauh ini, Ava bahkan sudah dioperasi selama 20 kali agar bisa diselamatkan dari racun yang ada pada baterai tersebut.