Bakteri yang Sering Menginfeksi Manusia & Penyakitnya

DokterSehat.Com – Infeksi adalah masuknya organisme tertentu,misalnya bakteri, ke dalam tubuh inang untuk kemudian berkembang biak. Tidak semua infeksi menimbulkan penyakit. Dalam kondisi normal, sistem kekebalan tubuh manusia akan bertindak cepat untuk menghalangi perkembangan penyakit.

8

Untuk bisa menyebabkan penyakit pada manusia, pertama kali bakteri harus bisa melewati hambatan dari kulit dan jaringan. Jika berhasil melewati kulit dan jaringan, bakteri akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Berikut jenis bakteri yang sering menginfeksi :

  • Staphylococcus
    Staphylococcus sebenarnya adalah bakteri tidak berbahaya dan umum ditemukan dalam tubuh manusia. Namun, terdapat beberapa spesies Staphylococcus yang menyebabkan infeksi seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan penyakit kulit serius.
  • Streptococcus
    Bakteri lain yang umum ditemukan pada tubuh manusia adalah Streptococcus. Beberapa spesies bakteri ini menyebabkan berbagai penyakit seperti pneumonia, radang tenggorokan, meningitis, serta fasciitis necrotizing. Streptococcus adalah bakteri Gram-positif berbentuk bola. Mereka tumbuh dalam rantai atau berpasangan.
  • Haemophilus influenzae
    Bakteri ini sebelumnya dikenal sebagai Bacillus influenzae atau bacillus Pfeiffer. Haemophilus influenzae adalah bakteri Gram-negatif berbentuk batang. Organisme ini umumnya merupakan bakteri aerobik, tetapi dapat bertahan sebagai anaerob fakultatif. Haemophilus influenzae adalah patogen oportunistik yang dapat bertahan dalam inang tanpa menyebabkan infeksi. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri ini mampu menginfeksi dan menyebabkan penyakit. Haemophilus influenzae dikenal menyebabkan berbagai penyakit seperti meningitis bakteri, pneumonia, selulitis, osteomyelitis, arthritis menular, infeksi telinga, konjungtivitis, dan sinusitis pada anak-anak.
  • Escherichia coli
    Bakteri ini merupakan penghuni sistem pencernaan dan dapat menyebabkan diare berat dan keracunan makanan. E. coli merupakan bakteri Gram-negatif berbentuk batang dan menghuni usus bagian bawah semua hewan berdarah panas, termasuk manusia. Strain E.coli umumnya tidak berbahaya, namun strain tertentu dapat menyebabkan keracunan makanan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi E. coli diantaranya adalah gastroenteritis, meningitis, infeksi saluran kemih, septikemia, dan lain-lain.
  • Helicobacter pylori
    Ini adalah bakteri paling umum yang menyebabkan radang perut. Helicobacter pylori adalah balteri Gram-negatif. Penyakit yang disebabkannya antara lain gastritis, ulkus lambung, serta terkait dengan perkembangan kanker perut serta ulkus duodenum.
  • Salmonella
    Bakteri yang ditularkan melalui makanan ini menyebabkan diare dan keracunan makanan. Salmonella adalah bakteri Gram-negatif berbentuk batang dan memiliki alat gerak berupa flagela. Bakteri ini ditemukan pada hewan berdarah dingin dan berdarah panas, termasuk manusia. Salmonella diketahui menyebabkan demam tipus, demam paratifoid, serta berbagai penyakit lain yang ditularkan melalui makanan.