Bakteri Mulut Bisa Memicu Kanker Pankreas

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan di New York menunjukkan sebuah fakta dimana adanya korelasi antara bakteri yang ada di dalam mulut kita dengan resiko terkena penyakit kanker pankreas. Setidaknya ada dua jenis bakteri yang biasanya berkaitan dengan masalah radang gusi atau kerap disebut sebagai periodontitis yang ternyata bisa meningkatkan kanker berbahaya ini. Organ pankreas sendiri memiliki fungsi utama sebagai produsen beberapa jenis hormon dan cairan yang membantu proses pencernaan layaknya insulin, yang memiliki fungsi utama mengendalikan gula darah.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan masyarakat yang berasal dari NYU Langone Medical Center, New York, yang bernama Jiyoung Ahn, menyebutkan jika memang para peneliti tidak bisa berkata jika bakteri inilah penyebab munculnya kanker pankreas, namun, terdapat sebuah korelasi erat antara bakteri mulut ini dengan resiko terkena kanker pankreas. Menurut beliau, resiko peningkatkan terkena kanker pankreas dari adanya bakteri mulut ini ternyata mencapai 59 persen. Angka ini tentu tidak bisa disepelekan begitu saja, bukan? Ahn berkata jika banyak pakar kesehatan yang berspekulasi jika mereka yang memiliki banyak bakteri di dalam mulut ternyata sangat rentan terhadap inflamasi, sesuatu hal yang memiliki kaitan erat dengan munculnya penyakit kanker.

Yang mengkhawatirkan adalah adanya data dari the National Cancer Institute yang mengungkapkan jika tingkat kematian yang disebabkan oleh kanker pankreas ternyata sangat tinggi. Biasanya, mereka yang hobi merokok, memiliki riwayat diabetes, dan mengalami obesitas adalah mereka yang beresiko tinggi terkena kanker pankreas. Sayangnya, gejala dari kanker pankreas sendiri termasuk sangat sulit untuk dideteksi dan pengobatannya pun cenderung sangat sulit dilakukan karena harus melakukan pengangkatan sebagian atau bahkan keseluruhan organ pankreas ini.